6 Cara Agar tidak Terlambat Bangun Sahur Saat Menjalani Puasa

shares |

Karena tidur larut malam, terkadang kita terlambat untuk bangun sahur. Jika sudah begini, puasa bisa jadi kekurangan energi akibat tidak makan sahur. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips agar tidak terlambat bangun sahur yang akan dijelaskan berikut.

Meskipun sebenarnya Anda juga tahan untuk puasa tanpa makan sahur, namun hal ini sangat tidak disarankan. Tubuh yang tidak mendapat asupan makanan dalam waktu terlalu lama bisa mengganggu kesehatan. Terlebih bagi penderita maag, tidak makan dalam waktu lama akan memicu penyakit yang diderita jadi kambuh dan parah. Tapi tak perlu khawatir, berikut akan kami jelaskan bagaimana cara agar tidak terlambat sahur sehingga ibadah puasa bisa berjalan lancar.
Cara Agar tidak Terlambat Bangun Sahur
Cara bangun pagi untuk sahur

Hindari kelelahan

Tubuh yang terlalu lelah bisa membuat tidur Anda kebablasan. Usahakan untuk tidur tepat waktu, aturlah waktu bekerja, bersosialisasi, beribadah da untuk istirahat. Jika kondisi tubuh terlalu lelah, maka Anda akan lebih sulit saat akan bangun sahur.

Pasang alarm

Usahakan untuk selalu memasang alarm sebelum beranjak tidur. Diharapkan dengan alarm berbunyi saat jam sahur, maka Anda bisa terbangun tepat waktu. Memang ini senjata klasik, namun sangat efektif untuk membuat kita bangun tepat waktu.

Jangan mengunci kamar

Hal ini bisa jadi penting jika Anda tinggal bersama keluarga, ketika tiba saatnya sahur, dan Anda belum terbangun. Maka Anggota keluarga lain akan bisa dengan mudah membangunkan Anda. Jika kamar Anda terkunci, maka akses mereka untuk membangunkan Anda jadi lebih sulit.

Makanan darurat

Apa itu makanan darurat? Tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk masak pada saat sahur, apalagi bagi yang tinggal sendiri. Makanan seperti seperti kurma, pisang, roti dan minuman bisa Anda persiapkan agar ketika bangun dan mendekati waktu imsak bisa langsung dimakan.

Sholat malam

Sholat malam juga bisa menjadi tips agar tidak terlambat bangun sahur. Ketika Anda bangun sebelum alarm berbunyi, segera ambil wudhu untuk lakukan sholat malam. Dengan berwudhu, maka Anda akan merasa segar dan menghilangkan rasa ngantuk.

Atur porsi berbuka

Makan berlebihan ketika buka puasa bisa membuat rasa kantuk semakin berat. Aturlah pola makan dengan baik ketika buka puasa. Hindari makanan berat berlebihan dan porsi secukupnya. Makan dengan pola yang benar akan membuat Anda lebih sehat dan tidak mudah ngantuk.

Masa-masa sahur merupakan waktu yang banyak tantangan. Namun Anda juga harus tetap bangun untuk makan. Semoga tips sehat agar tidak terlambat bangun sahur ini bisa bermanfaat.

Related Posts