Manfaat Roti Gandum Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

shares |

Ketika anda ingin melakukan program diet, anda tentu juga harus memikirkan makanan apa yang dapat menjadi menu diet anda. Salah satu menu yang dapat menjadi pilihan anda ketika menjalankan program diet adalah roti gandum. Roti gandum bisa dijadikan menu untuk diet karena roti gandum rendah lemak, rendah kalori, serta rendah kadar gula bila dibandingkan dengan roti-roti yang lain.

Manfaat Bulir Roti Gandum

Roti gandum ini biasanya mempunyai warna coklat ini karena roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang kaya akan serat dan nutrisi. Roti gandum memiliki nilai gizi yang lebih daripada roti putih atau roti tawar, ini disebabkan roti gandum masih mempertahankan kuman baik serta bagian dedak pada gandum alami.
Manfaat roti gandum untuk diet
Roti gandum
Berikut beberapa manfaat roti gandum untuk diet, antara lain :

1. Memperlancar pencernaan

Roti gandum bagus untuk memperlancar sistem pencernaan anda ketika melakukan program diet. Ini karena roti gandum mengandung serat yang tinggi yang baik untuk menjaga pencernaan dan meningkatkan sistem metabolism tubuh.

2. Mengenyangkan

Jika anda mengkonsumsi roti gandum untuk diet ini, anda akan cepat merasa kenyang dan tidak mudah merasa lapar dalam waktu yang lama sehingga akan cepat menurunkan berat badan anda.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Roti gandum ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dengan mengkonsumsi roti gandum secara teratur selain dapat menurunkan berat badan, anda juga dapat mencegah anda terkena penyakit yang berbahaya yaitu penyakit jantung, diabetes, dan jantung sebagai akibat tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Tidak membuat gemuk

Ini karena roti gandum untuk diet mengandung vitamin E dan asam lemak essensial yang baik untuk kesehatan anda. kandungan lemak tak jenuh dalam roti gandum tidak akan membuat anda gemuk dengan rutin mengkonsumsinya.

Ketika menggunakan roti gandum untuk diet, sebaiknya anda harus tepat memilih roti gandum yang cocok untuk program diet anda. Roti gandum sendiri terbagi menjadi 2 yaitu roti gandum penuh dan roti gandum putih. Sebaiknya anda memilih roti gandum penuh untuk diet anda, karena roti gandum penuh memiliki vitamin, mineral, dan serat yang lebih banyak daripada roti gandum putih.
Roti gandum untuk diet yang mengandung bulir gandum utuh memiliki rasa yang sedikit asam dan mempunyai tekstur butiran kasar. Oleh sebab itu, anda bisa mengkonsumsinya dengan diolesi selai atau margarin ini bermanfaat untuk menetralisir rasanya.

Yang perlu anda ketahui ketika mengkonsumsi roti gandum, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena tetap akan meningkatkan berat badan anda. Konsumsilah sesuai dengan aturan diet anda yaitu satu lembar pada pagi hari dan dua lembar pada malam hari.

Demikian penjelasan singkat dari tipsehat.info tentang manfaat roti gandum untuk diet, semoga bermanfaat untuk anda.

Related Posts