Khasiat dan Manfaat Telur Puyuh Beserta Kandungan Gizinya

shares |

Telur yang terkenal adalah telur ayam, namun ternyata tidak hanya telur ayam yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang melainkan juga ada telur bebek. Telur puyuh memang tak begitu populer karena bentuknya kecil, dan harganya tidaklah terlalu murah, jika dibandingkan dengan telur ayam. Itulah sebabnya orang lebih memilih telur ayam dibandingkan dibandingkan telur ini. Akan tetapi manfaat telur puyuh sangat berguna bagi kesehatan.
Khasiat dan manfaat telur burung puyuh
Telur burung puyuh

Sekilas pengenalan

Walaupun begitu, Anda dapat menemukan telur puyuh cukup mudah di pasar tradisional maupun supermarket modern. Walaupun tak begitu populer, banyak orang yang juga berburu telur burung puyuh untuk mereka makan, karena rasanya berbeda jika dibandingkan dengan telur ayam dan telur bebek, terdapat rasa unik yang khas yang tak dapat Anda temukan pada telur ayam maupun bebek. Telur puyuh bisa Anda temukan dengan mudah juga di warung, untuk versi yang sudah dimasak dengan bumbu. Sebenarnya telur ini juga sama dengan telur unggas lain, tak boleh Anda pandang remeh, sebab nutrisi dari telur puyuh yang imut ini juga lumayan, dan bagus bagi kesehatan. Jika dibandingkan dengan telur ayam, kandungan gizinya ternyata melebihi kandungan gizi telur ayam, itu wajib Anda ketahui. Jadi bagi Anda yang mungkin sebelumnya tidak tertarik dengan telur kecil ini, akan memiliki pandangan berbeda sesudah membaca artikel tips kesehatan manfaat telur puyuh ini secara keseluruhan. Mari baca selengkapnya.
Khasiat Telur Puyuh, manfaat telur puyuh

Kandungan gizi dan kolestrol

Walaupun memiliki bentuk mini, tetapi kaya mineral dan vitamin. Dengan konsumsi telur puyuh, kebutuhan Anda akan nutrisi akan terpenuhi, dan tingkat kesehatan Anda juga akan meningkat signifikan. Telur puyuh pun kaya kandungan kolesterol baik atau dikenal juga dengan istilah lain kolesterol HDL, dan bukannya kolesterol buruk atau kolesterol LDL. Lebih mendetail lagi dengan kandungan gizinya, telur ini terdiri:
  • Vitamin B2
  • Vitamin A
  • Protein (Protein pada telur puyuh lebih tinggi 2% dibandingkan kandungan protein dari telur ayam)

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan

Manfaat pertama dari telur burung puyuh yakni memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, karena kandungan kalsium pada telur puyuh itu tinggi, baik untuk tulang dan gigi juga. Manfaat telur burung puyuh kedua yakni untuk meningkatkan level kadar hemoglobin untuk tubuh Anda. manfaat ketiga dari memakan telur puyuh yakni untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Antibodi), selain itu proses metabolisme tubuh pun juga akan membaik dengan rutin konsumsi telur kecil ini per harinya. Proses metabolisme yang baik berujung positif pada stamina tubuh yang terjaga terus sepanjang hari, Anda pun bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih bersemangat tak mudah lelah dan stress.

Cara konsumsi telur puyuh bagi penderita asam urat

Manfaat selanjutnya yaitu aman dimakan oleh penderita asam urat atau dikenal juga dengan istilah Gout. Penderita asam urat itu sama sekali tak dilarang memakan telur puyuh, karena telur ini memiliki kandungan purin rendah, tetapi walaupun begitu harus tetap dibatasi jangan berlebihan. Sama dengan konsumsi telur ayam, di mana penderita asam urat cuma boleh konsumsi 3 butir saja telur ayam per minggunya, begitu pula dengan konsumsi telur ini. Yang harus mendapat perhatian lebih yakni daging puyuh lebih berbahaya dikonsumsi oleh penderita gout atau asam urat, apabila dibandingkan dengan memakan telur burung puyuh itu sendiri. Telur burung puyuh juga mengandung kolestrol HDL yang baik bagi kesehatan tubuh. Demikian ulasan yang kami berikan jangan lupa share ke media sosial agar keluarga dan teman anda juga mengetahuinya, semoga bermanfaat.

Related Posts