Manfaat Rebusan kulit Salak bagi Kesehatan

shares |

Buah salak yang jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama snake fruit merupakan buah asli dari negara Indonesia yang patut dibanggakan. Buah salak ini memiliki rasa yang manis bercampur kecut sedikit sepat dan disukai oleh banyak orang. Buah ini juga banyak dibudidayakan oleh orang-orang di berbagai daerah di negara kita. Terdapat beberapa jenis salak yang populer yakni salak pondoh, salak Bali, dan salak Medan. Apabila selama ini kita mungkin hanya memakan daging buahnya, tetapi ternyata kulit salak pun juga memiliki manfaat. Tentu saja kegunaan dari kulit salak tidak diperoleh melalui metode memakan kulit tersebut mentah-mentah, karena runcing dan keras, gusi Anda dapat terluka karenanya. Tetapi kulit salak tersebut bisa dimanfaatkan melalui metode pengolahan yang benar, caranya direbus kemudian diambil sari rebusan kulit salak tersebut, istilah kerennya disebut sebagai proses extraction. Mari baca selengkapnya.

manfaat kulit salak
Kulit salak

Kandungan gizi

Kandungan gizi dari kulit salak ada cukup banyak yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh Anda. yakni karbohidrat, kalori, fosfor, kalsium, vitamin B, air, dan zat besi. Melalui 1 buah salak saja sudah ada kalsium sebanyak 28 mg, 4,2 mcg zat besi, dan juga fosfor sebanyak 18 mg. melalui kandungan yang ada tersebut, buah salak benar-benar berperan aktif untuk sumber penyedia mineral dan serat pada tubuh.

Manfaat kulit salak bagi kesehatan

Mencegah sembelit

Manfaat pertama dari kulit salak untuk kesehatan adalah mencegah sembelit. Kulit salak memiliki sari serat yang cukup tinggi, oleh karena itu kulit salak dapat membantu memperbaiki masalah pada pencernaan Anda yang berhubungan susah buang air besar. Oleh karena itu juga, Anda sebaiknya ketika mengkonsumsi buah salak jangan membuang kulit arinya pada waktu dimakan. Tanin pada buah salak pun memiliki manfaat dalam membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti masalah pencernaan karena diare.


Menurunkan dan mengobati penyakit diabetes

Manfaat kedua dari kulit salak adalah itu. Selain itu juga membantu menstabilkan tekanan darah, baik tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi. Metode pengolahannya yakni:
  1. Ambil kulit buah salak
  2. Bilas hingga bersih menggunakan air
  3. Masukkan ke kuali (Jangan menggunakan kuali besi maupun aluminium)
  4. Tuangkan air secukupnya saja
  5. Rebus memakai api kecil satu kali hingga airnya mendidih
  6. Saringlah kemudian minum airnya
  7. Kulit salak yang telah direbus tak boleh dipergunakan lagi

*Anda bisa meminum air rebusan dari kulit salak 1 L per hari. Anda sebaiknya terus rutin meminumnya hingga 2 minggu, jangan putus, dan Anda dapat membuktikan bahwa efek positifnya ke penyakit diabetes kering benar-benar ada, di mana sebelumnya diabetes kering yang sering melonjak naik bakalan berubah normal, serta tekanan darah pun menjadi lebih stabil

Mengobati ambeien

Manfaat berikutnya dari kulit salak yaitu untuk membantu mengobati ambeien. Anda bisa mengambil 5 lbr daun salak, kemudian rebus daun salak tersebut menggunakan air sebanyak 2 gls ukuran sedang, lalu campur air rebusan dengan gula merah. Lalu saringlah air rebusan itu, kemudian minum ramuan rebusan air kulit salak gula merah ini sebanyak minimal 2 kali per harinya.

Anda sekarang bisa melihat bahwa kulit salak juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak tanggung-tanggung, oleh karena itu mulai sekarang jangan membuang lagi kulit salak sesudah Anda memakan buahnya. Sekian artikel tentang manfaat kesehatan dari kulit salak, semoga berkenan.

Related Posts