13 Manfaat Super Buah Pisang untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

shares |

Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak sekali terdapat di Indonesia. Hampir seluruh wilayah di nusantara selalu terdapat pohon pisang. Selain daging buahnya yang memang enak untuk dikonsumsi, bagian-bagian lain dari pohon pisang pun ternyata bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan kesehatan. Buah pisang kaya akan kandungan kalium, potassium dan asam folat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil khususnya supaya perkembangan janinnya lebih sehat. Selain itu, buah pisang bisa membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor dan nitrogen yang berfungsi untuk membangun regenerasi dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Buah pisang juga mengandung banyak vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium dan zat besi.
pisang obat jerawat, pisang obat kulit, pisang obat jantung
Buah pisang

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Manfaat buah pisang yang utama adalah untuk menyembuhkan gangguan sistem pencernaan seperti susah buang air besar dan juga mengobati penyakit maag. Pisang dapat menetralkan cairan asam di dalam lambung sehingga mampu mengurangi iritasi akibat dari sakit maag dengan cara melapisi permukaan lambung. Hal inilah yang kemudian menjadikan buah pisang sangat aman untuk dikonsumsi penderita maag.

2. Sumber Vitamin C

Kandungan Vitamin C buah pisang ternyata sangat banyak. Setiap buah pisang rata-rata mengandung sekitar 10mg Vitamin C. Dengan mengkonsumsi tiga buah pisang setiap hari kita sudah bisa mencukupi separuh dari kebutuhan Vitamin C tubuh setiap harinya.

3. Penunda Lapar

Bagi seseorang yang selalu sibuk dengan pekerjaannya dan jam makan tidar teratur, buah pisang cocok ada di tas anda karena kandungan serat pada buah pisang sebesar 3gram dapat menunda rasa lapar anda sampai waktunya makan berat.

4. Mengobati Jerawat

Daging buah pisang yang sudah matang atau menguning bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Caranya dengan menumbuk daging buah pisang sampai halus lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama beberapa waktu lalu bilas hingga bersih. Lakukan selama beberapa hari secara rutin sampai jerawat hilang dari kulit.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi mereka yang sedang bermasalah dengan kulit kering dan kasar, maka buah pisang pun dapat dijadikan sebagai bahan pengobatgan alami. Caranya dengan menghancurkan atau menumbuk buah pisang dan kemudian tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Gunakan racikan ini sebagai masker pada kulit wajah yang kering dan kasar.

6. Sumber Energi

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi 2 pisang sehari maka dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain itu, buah pisang juga dipercaya sebagai penambah energi saat melakukan rutinitas sehari-hari.

7. Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak

Karena buah pisang kaya akan kandungan potasium, maka buah ini dapat membantu memperlancar sirkulasi oksigen ke otak. Selain itu, buah pisang juga dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit stroke.

8. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Bagi perempuan yang sering sekali mengalami rasa nyeri sat haid, maka bisa dengan banyak mengkonsumsi buah pisang. Buah ini diyakini mampu mengurangi keluhan keram di bagian perut dan rasa nyeri ketika hadi pun akan berkurang.

9. Mengurangi Rasa Gatal Akibat Tergigit Nyamuk

Gigitan nyamuk bisa menjadi sangat menganggu dan rasa gatalnya dapat dihilangkan seketika dengan menggunakan kulit pisang. Caranya cukup dengan mengoleskan bagian dalam dari kulti pisang secara perlahan ke area kulit yang tergigit nyamuk.

10. Dapat Meningkatkan Mood Baik

Jika suasana hati anda sedang tidak enak, makanlah satu buah pisang dan  tunggu beberapa menit maka mood anda akan kembali lagi dengan tambahan tenaga dalam tubuh.

11. Obat Alami untuk Luka Bakar

Pisang dapat menyembuhkan lebih cepat luka bakar anda dengan cara, haluskan daging buah pisang kemudian oleskan pada bagian kulit yang terbakar

12. Menormalkan Tekanan Darah

Baik dikomsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi karena kalium pada buah pisang dapat menyeimbangkan tekanan darah.

13. Mencegah Serangan Jantung

Dengan normalnya tekanan darah karena rutin mengkonsumi buah pisang, kita selangkah didepan bebas dari serangan jantung dan flavonoid pada buah pisang dapat mencegah oksidasi lemak yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

Related Posts