6 Manfaat Jintan Hitam (Habbatussauda) bagi Kesehatan

shares |

Jintan hitam atau dikenal juga habbatussauda sangat efektif membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit serta menjaga kesehatan tubuh. Jintan hitam bekerja pada sistem dalam tubuh tanpa mengganggu keseimbangan alami tubuh sehingga tidak memiliki efek samping.
manfaat jintan hitam habbatussauda
Jintan Hitam

Berikut adalah 6 manfaat jintan hitam

1. Sumber nutrisi

Jintan hitam mengandung beta-karoten, kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Zat ini berfungsi sebagai kofaktor untuk banyak fungsi enzim. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial yang tidak dapat disintesis dalam tubuh kita yang perlu diambil dari luar.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jintan hitam meningkatkan kekebalan tubuh, terutama pada pasien yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh. Peningkatan kekebalan berpengaruh dalam penyembuhan pilek, influenza, AIDS dan penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengurangi Asma dan alergi obat

Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai reaksi alergi. Crystalline nigellone dalam jintan hitam memiliki protein kinase C, substansi yang dikenal untuk menghambat pelepasan dari histamin. Konsumsi jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan bronchitis, asma dan alergi lainnya dengan tanpa efek samping .

4. Obat kanker

Asam lemak dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan sel kanker . Jintan Hitam dapat merangsang produktivitas sumsum tulang dan imunitas sel dan produksi interferon , melindungi sel-sel normal terhadap virus yang menghancurkan sel dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel sehat.

5. Obat gangguan pencernaan

Jintan hitam efektif melawan bakteri, termasuk bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri kolera, shigella ssp dan E. coli. Oleh karena itu, jintan hitam dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan penyebab lain dari gejala perut non - spesifik seperti mulas, dispepsia, diare dan muntah.

6. Obat anti-inflamasi

Thymoquinine pada jintan hitam memiliki sifat anti-inflamasi. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun dan campur dengan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gosok pada wajah dan mencuci muka dengan air sabun setelah satu jam.

Nah itulah 6 manfaat dari jintan hitam bagi kesehatan anda. Semoga artikel ini dapat memberi solusi bagi masalah kesehatan anda. Hindarilah konsumsi jintan hitam ini, jika anda menderita alergi terhadap jintan hitam. Jika timbul gejala alergi, segera bawa ke dokter.

Related Posts