Ini Dia Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali !

shares |

Bagaimana sih cara mencegah jerawat yang membandel? Ya, permasalahan jerawat bisa dibilang biasa karena setiap orang pasti pernah mengalami masalah kulit berjerawat. Sebelum kita beranjak ke pembahasan pencegahan jerawat, ada baiknya kita ketahui faktor-faktor penyebab jerawat. Berbicara mengenai jerawat, jerawat ini merupakan suatu kondisi tersumbatnya pori-pori kulit (baca : cara mengecilkan pori-pori kulit) yang menimbulkan sebuah kantung bernanah pada kulit yang meradang. Jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor hormonal maupun gaya hidup.
cara mencegah jerawat datang kembali
Mencegah jerawat

Faktor penyebab jerawat

Sebelum membahas mengenai cara mencegah jerawat membandel, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu apa sih faktor penyebab timbulnya jerawat? Yuk, kita simak pembahasannya berikut ini:

Faktor genetik

Faktor utama penyebab wajah berjerawat adalah faktor keturunan. Faktor keturunan ini memungkinkan seseorang memiliki wajah berjerawat jika kedua orang tuanya memiliki riwayat wajah berjerawat.

Faktor psikis

Faktor psikis atau stress bisa menjadi pemicu wajah berjerawat. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh terganggu ketika seseorang mengalami stress berat.

Jenis kulit

Biasanya wajah cepat sekali berjerawat bagi kulit berminyak, namun tak menutup kemungkinan kulit kering juga menimbulkan terjadinya jerawat.

Hormon

Hal ini biasanya terjadi pada wanita, dimana ketika menjelang atau sebelum menstruasi timbul masalah kulit berjerawat yang disebabkan kelebihan minyak oleh hormon progesteron.

Bakteri

Kotoran yang terakumulasi dan menumpuk di pori-pori kulit wajah, lama kelamaan diisi oleh bakteri. Bakteri inilah yang akhirnya menimbulkan jerawat di kulit.

Nah, dari faktor-faktor penyebab jerawat di atas maka kita bisa menyimpulkan bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Agar jerawat tidak mengganggu kulit wajah Anda, sebaiknya Anda ikuti beberapa tips mencegah jerawat secara alami berikut ini:

Menjaga kebersihan wajah

Seperti kita ketahui, faktor penyebab jerawat disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah. Oleh karena itu, untuk mencegah penumpukan kotoran di wajah sebaiknya bersihkan wajah secara teratur. Dengan membersihkan wajah secara teratur, maka akan menghilangkan minyak berlebih, kotoran maupun sel-sel kulit mati pada permukaan kulit Anda. Gunakan sabun anti bakteri sebanyak 2 kali sehari untuk membersihkan kotoran wajah.

Olahraga dengan teratur

Cara mencegah jerawat berikutnya adalah olahraga teratur. Dengan berolahraga, maka tubuh akan lebih aktif bergerak. Selain itu, olahraga dapat menghilangkan stress sehingga bisa mengurangi faktor pemicu timbulnya jerawat di wajah. Dengan berolahraga, maka dapat membuat tubuh tetap sehat, kulit menjadi kencang, sehat dan bebas jerawat.

Hindari make-up berlebihan

Bagi wanita, sebaiknya hindari make-up berlebihan pada wajah Anda. Memakai make-up berlebih, dapat menimbulkan sumbatan kosmetik pada pori-pori wajah yang menumpuk sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pakailah make-up secukupnya tidak berlebihan. Jika perlu, pakai kosmetik yang berbahan dasar air dan lebih aman untuk kulit wajah.

Konsumsi buah-buahan

Cara mencegah jerawat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan, efektif mencegah timbulnya jerawat serta dapat menghilangkan noda pada wajah. Adapun buah-buahan yang dianjurkan adalah apel, semangka, dan pisang. Apel dan semangka termasuk buah-buahan yang kaya akan kandungan air yang dapat membersihkan dan menyehatkan kulit wajah.

Konsumsi air putih

Yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih merupakan minuman alami yang paling sehat yang dapat membantu menetralisir tubuh dan menghilangkan toksin dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak, maka Anda juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Nah, itulah beberapa cara mencegah jerawat yang membandel agar tidak mengganggu kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat ya!

Related Posts