Manfaat Buah Rambutan atau Ace untuk Kesehatan

shares |

Rambutan merupakan buah yang bisa tumbuh dengan sangat subuh di daerah tropis. Buah ini berasal dari sebuah daerah kepulauan di kawasan Asia Tenggara. Buah ini termasuk buah musiman sehingga tidak bisa ditemui atau dibeli setiap waktu. Kulit buah ini memiliki sejenis rambut yang agak panjang, dan lumayan kaku ketika disentuh. Buah rambutan banyak diminati karena daging buahnya yang tebal, dan juga sedikit kenyal serta banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Jenis-jenis buah rambutan

Jenis rambutan Rapiah memiliki biji yang bisa mudah terlepas dari dagingnya sehingga kita dapat bisa menikmati daging buah seluruhnya. Ada juga jenis rambutan Si Nyonya yang tampilannya sangat cantik dan menarik. Rambut pada kulitnya tergolong lebat dan berwarna merah sehingga akan semakin mempercantika tampilan dari jenis buah rambutan ini. Buah rambutan banyak mengandung kalori, karbohidrat dan vitamin C. Buah ini termasuk sangat mudah untuk dicerna karena seratnya sangat banyak. Selain itu, kandungan kalori dari buah rambutan cukup rendah sehingga sangat cocok untuk mendukung program diet. Berikut ini beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan.

manfaat buah rambutan bagi kesehatan
Buah rambutan

Menangkal Radikal Bebas

Kulit buah rambutan mengandung berbagai senyawa organik yang berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu senyawa yang terkandung pada rambutan adalah asam galat yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Di samping itu, senyawa ini akan membantu melindungi tubuh dari terjadinya kerusakan oksidatif.

Penambah Stamina Alami

Buah rambutan sangat cocok dikonsumsi setelah melakukan olahraga karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan yang tinggi terbukti bisa mengembalikan energi ataupun penambah stamina sehabis berolahraga. Saat ini sudah banyak sekali suplemen kesehatan yang menggunakan ekstrak kulit dan buah rambutan untuk memulihkan tenaga atau energi.

Melindungi Fungsi Ginjal

Kandungan fosfor dalam buah rambutan bisa membantu menjaga kesehatan dari organ ginjal. Fosfor berkhasiat untuk mengeluarkan segala jenis kotoran yang memang tidak seharusnya mengendap di dalam ginjal. Selain itu, buah rambutan juga bisa membantu pemeliharaan sel-sel dan jaringan tubuh baik itu dari segi perbaikan ataupun peremajaan. Kalsium dan fosfor yang terkandung pada buah rambutan berfungsi juga untuk mencegah terjadinya tulang keropos.

Mengobati Diabetes

Rambutan sudah sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, hipertensi dan berbagai jenis penyakit kronis yang lainnya. Di samping itu, kandungan flavonoid pada rambutan bisa mengurangi kadar kolesterol yang jahat (LDL) dan juga bisa mengakibatkan obesitas.

manfaat buah ace bagi kesehatan
Buah ace atau rambutan

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat memicu seseorang untuk terkena penyakit stroke dan serangan jantung. Untuk mencegah terserang jantung dan stroke, bisa memanfaatkan khasiat dari buah rambutan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Untuk memperoleh khasiat yang maksimal dari rambutan, disarankan untuk sering-sering mengkonsumsi buah ini sehingga kesehatan jantung bisa tetap terjaga dan meminimalisir resiko terkena penyakit stroke.
Baca juga : Khasiat dan Manfaat Buah Nanas

Related Posts