Cara Menahan Lapar Ketika Puasa Tanpa Bikin Batal

shares |

Bagaimana cara menahan lapar ketika puasa? Mungkin pertanyaan ini terlintas di benak Anda. Terlebih bagi orang-orang yang doyan makan dan tidak bisa menahan ras lapar. Mungkin ibadah puasa pada bulan Ramadhan ini bisa menjadi tantangan yang cukup sulit. Padahal, asalkan Anda mensiasatinya dengan benar, puasa seharian tidaklah akan merasa terlalu lapar.

Manfaat puasa memang sangat banyak dan luar biasa. Akan tetapi masih banyak orang yang mengeluhkan lapar ketika berpuasa. Dengan tips sederhana berikut, Anda bisa menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh tanpa mengalami rasa lapar yang terlalu berlebihan.
Menahan lapar saat puasa
Menahan lapar

Tips menahan lapar saat puasa

Mengendalikan nafsu makan
Mengendalikan nafsu makan bisa dibilang gampang-gampang susah. Ketika perut meminta jatah, cobalah alihkan perhatian dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Daripada harus memikirkan perut yang semakin lapar, usahakan untuk melakukan kegiatan yang bis mengalihkan perhatian. Lakukan hobi yang Anda gemari seperti berkebun, bersepeda atau pekerjaan lainnya. Bisa juga dengan membersihkan rumah atau memasak menu buka.

Menyibukkan diri
Sebenarnya ini tak terlalu jauh beda dengan penjelasan di atas. Jangan biarkan Anda terdiam tanpa ada kegiatan yang bisa dilakukan. Ketika Anda terdiam, maka perut yang lapar akan lebih terasa. Sibukkan diri Anda dengan berbagai pekerjaan. Jika Anda sedang tidak ada pekerjaan, cobalah untuk melakukan ibadah yang bisa membuat Anda beraktifitas.

Mengendalikan diri
Ibadah puasa memiliki efek yang kuat terhadap perasan, otak dan makanan. Dengan melakukan ibadah puasa Ramadhan, berarti kita berusaha untuk mengendalikan diri terhadap perasaan lapar. Dengan mengendalikan diri, kita akan memperoleh perasan yang lebih positif ketika berpuasa.

Abaikan semua godaan
Semua ibadah yang kita lakukan memang akan selalu ada godaan. Cara menahan lapar ketika puasa ini juga harus menyingkirkan semua godaan yang datang. Mungkin saja Anda akan menjumpai beberapa orang yang sedang makan ketika Anda puasa. Cobalah untuk menghindari godaan seperti itu, kendalikan diri dan semua godaan yang ada akan mudah dihadapi.

Mengingat akan manfaat berpuasa
Ini merupakan cara yang paling jitu untuk menahan rasa lapar saat puasa. Dengan mengingat manfaat puasa, kita akan lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa sehingga rasa lapar tidak akan terasa. Puasa memiliki efek yang sangat bai bagi kesehatan. Puasa juga akan melatih kita dalam pengendalian diri.

Cobalah tips cara menahan lapar ketika puasa seperti di atas. Dengan puasa tanpa rasa lapar, maka ibadah yang kita jalani akan lebih menyenangkan.

Related Posts