8 Khasiat Sayur Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

shares |

Tubuh harus terpenuhi asupan nutrisinya, ini supaya tubuh tetap dalam keadaan sehat. Banyak sekali nutrisi atau vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Segala nutrisi baik untuk tubuh, namun semuanya memang harus pas, jangan berlebih atau kurang. Kekurangan nutrisi dapat menimbulkan penyakit, begitu juga jika berlebih. Nutrisi yang diperlukan bisa anda dapatkan dari alam, contohnya seperti buah dan sayur. Buah dan sayur banyak mengandung nutrisi karena sifatnya yang masih alami.
Khasiat dan manfaat sayur bayam untuk kesehatan
Bayam

Sayuran dan buah merupakan sumber nutrisi yang baik. Salah satu sayuran yang baik untuk tubuh adalah sayur bayam. Banyak sekali khasiat sayur bayam untuk tubuh. Sayur bayam termasuk ke dalam sayuran hijau yang kaya akan nutrisi. Di dalam sayuran hijau terdapat banyak kandungan yang membantu tubuh untuk melakukan aktivitas.
Berikut adalah beberapa khasiat sayur bayam bagi tubuh :

1. Melawan pertumbuhan sel kanker

Khasiat sayur bayam yang paling baik adalah mampu melawan sel kanker di dalam tubuh. Untuk memerangi sel kanker, tubuh memerlukan beberapa bantuan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, serat dan flavonoid. Di dalam sayur bayam terdapat semua nutrisi tersebut, sehingga sayur bayam merupakan sayuran efektif yang mampu memerangi sel kanker. Bahkan di dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa sayur bayam mampu menurunkan atau mengurangi resiko seseorang terkena kanker sebanyak 34 %. Kanker-kanker tersebut antara lain kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker kulit.

2. Menjaga kesehatan mata

Dengan banyaknya kandungan vitamin A di dalamnya, sayur bayam juga mampu menjaga dan menambah penglihatan anda menjadi lebih baik.

3. Mengatasi peradangan dalam tubuh

Peradangan di dalam tubuh juga dapat di atasi dengan menggunakan sayur bayam. Ini karena khasiat sayur bayam adalah sebagai anti-inlamasi. Di dalam sayur bayam terkandung vialoxanthin dan neoxanthin yang sangat bermanfaat untuk mengobati peradangan di dalam tubuh. Penderita inflamsi juga sangat di sarankan untuk mengonsumsi sayur bayam, karena mengandung sifat alkalinitas.

4. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi sayur bayam secara rutin maka akan membuat jantung semakin sehat. Serangan jantung merupakan suatu penyakit yang mematikan. Serangan jantung biasanya terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat dan juga karena banyaknya polusi udara di sekitar lingkungan. Untuk menghindari terkena resiko sakit jantung ini, mulailah untuk mengonsumsi sayur bayam secara rutin.

5. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi juga merupakan suatu penyakit yang berbahaya, oleh karena itu alangkah baiknya untuk mencoba mencegah datangnya penyakit tersebut. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anda dapat mengkonsumsi sayur bayam. Sayur bayam sangat berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam sayur bayam terkandung rendah sodium dan juga terkandung kalium. Kelancaran di dalam sistem aliran darah dapat terjaga karena adanya kandungan folat di dalam sayur bayam.

6. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat sayur bayam yang selanjutnya adalah mampu membantu mencegah penyakit diabetes. Komplikasi setelah penyakit diabetes dapat di cegah dengan kandungan magnesium di dalam sayur bayam. Gula darah di dalam tubuh akan tetap stabil dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam.

7. Meningkatkan memori otak

Memori otak dan kesehatan otak akan bertambah dengan mengonsumsi sayur bayam. Semakin bertambahnya usia, maka akan membuat otak semakin berkurang daya ingatnya. Untuk menstabilkan memori otak, anda dapat mengkonsumsi sayur bayam dengan rutin.

8. Menyehatkan tulang

Khasiat sayur bayam yang terakhir adalah mampu membuat tulang menjadi lebih kuat. Tulang akan lebih kuat karena bayam mengandung banyak kalsium di dalamnya. Kalsium tersebut juga dapat mengurangi pengeroposan yang terjadi pada tulang anda.
Semoga informasi khasiat sayur bayam di atas bisa bermanfaat.

Related Posts