Cara Mengatur Pola Makan Untuk Diet

shares |

Cara mengatur pola makan untuk diet
Mengatur pola makan untuk diet
Ketika anda berniat untuk diet, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah pola hidup anda, dan pastinya menjaga pola makan. Selain kedua hal tersebut, anda juga perlu tekad yang kuat juga motivasi. Bagaimana diet anda akan berhasil jika tekad anda naik turun?. Anda harus konsisten dalam menjalani diet agar berat badan tubuh anda menjadi ideal. Pada saat diet, sudah pasti junkfood favorit anda dan cemilan yang tidak sehat harus anda hindari. Untuk mendapatkan hal yang lebih baik, harus ada yang anda korbankan. Begitu juga dengan keinginan anda menurunkan berat badan. Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk anda dalam mengonsumsi makanan sehari-hari dan menggantinya dengan hidup sehat. Berikut adalah cara mengatur pola makan untuk diet yang bisa langsung anda praktekkan :

1. Konsumsi air putih

Setiap harinya anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas. Dan perlu diingat, jangan tambahkan es, ataupun meminum air putih yang terlalu dingin. Agar kebutuhan tersebut tercukupi, anda bisa mengonsumsi air putih setiap jam.

2. Biasakan untuk sarapan setiap harinya

Konsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat pada saat sarapan. Karena saat pagi hari karbohidrat akan dengan mudah menjadi energi, untuk kebutuhan dalam melakukan segala aktifitas. Imbangi dengan makanan sehat tinggi serat dan anda akhiri sarapan dengan meminum segelas susu rendah lemak, atau bisa juga dengan teh hijau atau jus buah segar, jus jeruk misalnya. Selain karbohidrat, anda dianjurkan menyantap makanan rendah kalori dan tinggi protein saat sarapan.
Sarapan dengan makanan rendah kalori dapat mengurangi lemak yang menumpuk di tubuh. Dan sarapan dengan tinggi protein dapat membantu kerja otak anda dengan optimal. Selain itu, juga memacu produksi dopamin yang akan membuat mood bagus, dan memberikan rasa nyaman. Hal ini sangat baik untuk menunjang aktivitas harian anda. Dan yang tidak kalah penting, makanan jenis ini membuat perut kenyang, dan mampu meminimalisir hasrat anda mengkonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan yang memiliki rasa gurih.
Makanan sumber protein terdapat pada telur, ikan, tempe atau tahu. Perhatikan waktu sarapan anda dengan tepat, yaitu dimulai pukul 7 dan berakhir pada pukul 10 pagi. Hal tersebut untuk menghindari mengkonsumsi makanan dalam porsi besar saat makan siang. Jika melewatkan sarapan, anda sudah melakukan satu pelanggaran yaitu, makan siang dengan melebihi porsi yang seharusnya. Anda harus menjaga pola makan untuk diet anda dengan sebaik-baiknya.

3. Makan siang

Upayakan makan siang tinggi serat. Bisa dengan mengonsumsi buah-buahan, perbanyak konsumsi protein yang berfungsi sebagai sumber energi, dan kurangi jumlah karbohidrat. Anda bisa mengawali makan siang anda dengan meminum segelas air putih terlebih dulu, agar anda tidak makan dalam jumlah berlebih saat makan siang.

4. Makan malam

Cara mengatur pola makan untuk diet yang berikutnya yaitu memperhatikan jam makan malam. Hindari makanan berkarbohidrat ketika makan malam. Sebaiknya, konsumsi berbagai buah-buahan segar atau sayur-sayuran tinggi serat. Pada waktu makan malam kondisi lemak dalam tubuh tinggi. Itu disebabkan aktivitas pada saat malam hari lebih sedikit ketimbang saat pagi maupun siang. Maka kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh akan mengendap, sehingga membuat tumpukan lemak semakin bertambah karena lemak tidak menjadi energi. Waktu makan malam yang tepat untuk diet adalah sebelum pukul 18.00.

Kunyah makanan yang anda konsumsi dengan baik dan benar, agar sari makanan diserap tubuh dengan mudah. Apabila anda mengunyah dengan lama, akan membuat anda merasa cepat kenyang. Selain mengatur pola makan untuk diet di atas, anda juga harus berolahraga secara rutin.

Related Posts