8 Manfaat Beras Merah Untuk Diet Sehat Alami

shares |

Ketika menjalani program diet, salah satu makanan yang harus anda hindari adalah nasi putih. Ini karena kandungan karbohidrat tinggi yang dapat menggagalkan program diet anda. Saat program diet, anda bisa mengganti nasi putih dengan beras merah. Manfaat beras merah untuk diet karena karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya akan membantu menurunkan berat badan anda.
Berikut manfaat beras merah untuk diet :
Manfaat beras merah untuk diet sehat

1. Mengandung serat yang tinggi

Manfaat beras merah untuk diet yang pertama yaitu mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat ini dapat membuat perut anda tetap kenyang dalam waktu yang lama serta dapat melancarkan pencernaan anda.

2. Mengandung indeks glikemik yang rendah

Indeks glikemik yang rendah dalam beras merah dapat mengatur kadar gula dalam darah serta produksi insulin. Zat ini juga berperan sebagai sumber energi yang baik untuk menurunkan berat badan anda.

3. Kadar zinc yang tinggi

Zinc adalah mineral yang mempunyai fungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan luka. Zinc juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Dengan mempunyai tubuh yang sehat tentu akan membuat program diet anda berjalan lancar.

4. Dapat mengenyangkan

Manfaat beras merah untuk diet selanjutnya yaitu beras merah dapat mengenyangkan. ini disebabkan kandungan karbohidrat kompleks. karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang memerlukan proses lama untuk dicerna. Sehingga beras merah akan membuat perut anda merasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama.

5. Mengandung zat besi

Zat besi juga anda butuhkan dalam program diet anda, karena dengan zat besi ini anda akan mendapatkan energi yang cukup saat menjalankan program diet.

6. Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Kandungan minyak yang terdapat dalam beras merah dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan kegemukan dan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

7. Mengandung lemak sehat

Kandungan lemak sehat dalam beras merah sangat baik untuk anda konsumsi ketika diet karena tidak akan menimbulkan kegemukan.

8. Mengandung vitamin B6

Kandungan vitamin B6 dalam beras merah dapat membantu tubuh dalam menjalankan fungsi organ dalam tubuh, selain itu dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anda mengalami anemia ketika sedang diet.
Baca juga : Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet Sehat

Untuk mendapatkan manfaat beras merah untuk diet, anda juga harus mengetahui cara mengolah beras merah yang tepat. Cara mengolah beras merah untuk diet membutuhkan waktu yang lama dari pada saat anda mengolah beras seperti biasa. Juga ada sebagian orang yang tidak suka mengkonsumsi beras merah karena mempunyai rasa yang kurang enak. Oleh sebab itu, saat program diet anda bisa mengkonsumsi beras merah untuk menu makan siang anda yang dikonsumsi bersama sayuran dan juga buah-buahan.

Related Posts