Cara Melatih Anak untuk Puasa

shares |

Sebagai orang tua, melatih anak untuk beribadah merupakan sebuah kewajiban. Begitu juga dengan ibadah puasa Ramadhan yang dijalankan selama satu bulan penuh. Anak-anak harus dilatih untuk berpuasa sejak dini agar nantinya sudah terbiasa ketika besar. Namun, cara melatih anak untuk puasa tidak seperti puasa pada orang dewasa umumnya. Melatih anak kecil puasa harus dilakukan dengan pendekatan agar anak tidak terkesan dipaksa.

Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi orang tua ketika mengajarkan anaknya untuk puasa. Misalnya menghadapi anak yang tidak kuat menahan lapar, dan tiba-tiba anak terlihat pucat dan sudah tidak kuat lagi. Tentu hal tersebut sangat wajar karena daya tahan anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Agar puasa yang dilakukan anak lancar, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Oleh karena itu, mengajarkan berpuasa pada anak juga harus sesuai kemampuan.

Tips mengajari anak puasa

  • Ketika umurnya 5 atau 7 tahun, anak-anak masih dalam proses tumbuh dan berkembang. Saat mengajarkan anak untuk puasa, orang tua juga sebaiknya mengingat hal tersebut. Pada usia ini, anak-anak masih membutuhkan waktu istirahat dan tidur yang cukup. Demikian juga dengan kebutuhan tubuh akan gizi.
  • Puasa bagi anak-anak yang belum dewasa hanyalah merupakan sebuah latihan. Cara ini bertujuan agar kelak ia terbiasa dengan ibadah puasa yang dijalankan. Jadi latihan puasa bagi anak ini bukan merupakan kegiatan final. Sebaiknya latihan puasa yang dilakukan fleksibel dengan umur dan kebutuhan, maupun kondisi kesehatan anak.
  • Cara melatih anak untuk berpuasa juga seharusnya mengajarkan anak untuk lebih disiplin. Meskipun ini merupakan sebuah latihan, namun anak akan paham bahwa sesuatu yang dilakukan secara serius akan membuahkan hasil yang baik.
  • Temani anak saat berpuasa. Usahakan untuk mendukung usaha yang dilakukan anak dan selalu menemaninya. Jika Anda memiliki waktu luang, bermainlah bersamanya agar anak tidak bosan.
Mengajari anak agar berpuasa merupakan kewajiban kita sebagai orang tua. Oleh karena itu, harus dilakukan sedini mungkin agar anak terbiasa. Semoga ulasan cara melatih anak untuk berpuasa ini bisa bermanfaat.

Related Posts