Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

shares |

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitive, sehingga sering sekali terjadi masalah salah satunya adalah bintik merah pada kulit bayi. Sebagai orang tua, terutama orang tua yang baru pertama kali mengurus bayi, tentu akan panik ketika bayi mereka tiba tiba mengalami bintik merah pada kulit. Bintik merah pada bayi di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor dari dalam tubuh, misalnya di akibatkan oleh faktor keturunan sedangkan lainnya di akibatkan oleh faktor luar tubuh misalnya cuaca, gigitan nyamuk, debu dan lain sebagainya. Bintik bintik merah pada kulit bayi, akan membuat bayi merasa tidak nyaman karena menimbulkan rasa gatal, bahkan pedih dan panas.
Bintik merah pada bayi
Bintik merah pada bayi


Penyebab serta cara mengatasi bintik merah pada bayi :

1. Bakat alergi atau faktor keturunan

Ketika kedua orang tua memiliki alergi, maka kemungkinan bayi mengalami alergi yaitu sebesar 40 – 60 %, sedangkan apabila salah satu mengalami alergi, maka bayi beresiko hanya 25 – 40% terkena alergi. Cara yang tepat untuk mengatasinya yaitu dengan menjauhkan bayi dari hal hal yang dapat menyebabkan alergi, mulai dari makanan, cuaca, atau hal hal lain yang menyebabkan alergi pada anak.

2. Faktor makanan

Salah satu makanan yang paling sering menyebabkan alergi yaitu protein susu sapi. Ketika mengkonsumsi susu formula anak, kekebalan tubuh menyadari bahwa zat tersebut berbahaya dan mencoba untuk melawan. Akhirnya menyebabkan reaksi berupa bintik merah, namun tidak hanya itu anak yang mengalami alergi susu sapi biasanya juga mengalami muntah dan diare. Untuk mengatasi bintik merah pada kulit bayi ini, sebaiknya anda mengingat makanan atau susu yang di berikan kepada bayi dan segera konsultasi dengan dokter. Perlu di ketahui, seiring bertumbuhnya usia, alergi ini akan semakin berkurang karena kekebalan tubuh semakin meningkat.

3. Biang keringat

Penyebab biang keringat yaitu karena pori pori bayi belum bisa mengatur suhu tubuh secara maksimal, sehingga pengeluaran keringat tidak lancar dan menyebabkan bintik merah. Cara mengatasinya yaitu dengan tidak memakaikan pakaian berlapis lapis, menggunakan lotion, sirkulasi kamar anak harus baik dan selalu mencuci pakaian bayi bersih dari deterjen.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi bintik merah pada kulit bayi yang perlu anda pahami ketika bayi anda mengalami bintik merah di kulitnya.

Related Posts