Rahasia Kuat Berpuasa untuk Pekerja Berat

shares |

Bagaimana rahasia cara berpuasa untuk pekerja berat? Apakah orang yang bekerja berat juga tetap wajib berpuasa? Mungkin pertanyaan seperti ini sering terngiang bagi mereka yang harus melakukan pekerjaan kasar, keras dan berat.

puasa untuk pekerja berat
Pekerja berat

Puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib bagi umat Islam, tak terkecuali bagi pekerja kasar. Meskipun mereka harus melakukan pekerjaan berat yang menguras dan membutuhkan banyak tenaga, mereka juga tetap diwajibkan untuk berpuasa. Para pekerja berat juga tidak bisa meninggalkan pekerjaannya begitu saja karena alasan puasa. Mereka tetap harus melakukan kewajibannya sebagai pekerja sekaligus menunaikan kewajiban Ibadah puasa. Lalu bagaimana cara berpuasa bagi yang bekerja berat agar tidak kehabisan energi? Berikut ulasan lengkapnya.

Puasa bagi pekerja berat merupakan tantangan tersendiri. Mereka membutuhkan tenaga ekstra untuk bekerja sedangkan tubuh tidak mendapatkan asupan makanan pada siang hari karena berpuasa. Tapi tak perlu khawatir, asalkan mengetahui tipsnya, para pekerja berat akan tetap bisa berpuasa tanpa kehabisan tenaga.

Tips untuk pekerja berat saat puasa

  • Banyak minum air putih pada saat berbuka hingga waktu sahur. Jika biasanya orang hanya minum antara enam hingga delapan gelas, untuk pekerja berat membutuhkan air yang lebih banyak. Sebab pekerjaan yang dilakukan akan membuatnya banyak berkeringat sehingga banyak cairan tubuh yang hilang. Minumlah air lebih banyak secara berkala sejak waktu buka hingga akhir sahur.
  • Minuman isotonik bisa membantu tubuh memenuhi kebutuhan akan elektrolit. Anda bisa membeli minuman isotonik di warung atau toko dan supermarket. Jika tidak, Anda juga bisa menggantikannya dengan minuman isotonik alami yang cukup baik bagi tubuh yaitu air kelapa. Air kelapa memiliki banyak khasiat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya yang sangat unik.
  • Konsumsi makanan berserat juga sangat penting bagi pekerja berat. Cara berpuasa bagi pekerja berat ini bisa memenuhi kebutuhan serat dengan banyak makan buah-buahan maupun sayuran ketika berbuka.

Jika tekad untuk berpuasa sudah bulat, seberat apapun pekerjaan tidak akan menghalangi. Dengan berpuasa sambil bekerja justru akan menambah nilai Ibadah yang dijalankan. Semoga ulasan dari tipsehat.imfo tentang cara berpuasa bagi pekerja berat ini dapat bermanfaat bagi mereka yang bekerja saat berpuasa.

Related Posts