Makanan yang Bagus Dikonsumsi Saat Sahur

shares |

Ada beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sahur. Makanan ini sangat penting untuk memberikan energi saat puasa. Sebab ketika berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan selama seharian. Dengan makanan yang tepat, kebutuhan energi tubuh akan terpenuhi meskipun kita sedang berpuasa.

Demi menjaga kesehatan saat puasa, sangat penting untuk mengatur makanan yang kita konsumsi baik ketika berbuka maupun saat sedang sahur. Terutama ketika sahur, sebab sahur merupakan kunci energi bagi tubuh untuk beraktifitas selama seharian.

makanan bagus dikonsumsi saat saur
Makanan Berkarbohidrat komplek

Makanan untuk sahur

Makanan dengan karbohidrat kompleks

Sebaiknya Anda jangan mengonsumsi sembarang karbohidrat, terlebih ketika puasa. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks sangat direkomendasikan dalam menu sahur Anda. Sebab makanan dengan karbohidrat kompleks bisa membuat perut kenyang dalam waktu lama. Jadi Anda tidak akan mudah lapar ketika berpuasa. Selain itu, karbohidrat kompleks juga lebih sehat bagi tubuh jika dibanding makanan dengan karbohidrat biasa. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan karbohidrat, maka akan jadi lelah, lemah, serta kesulitan berpikir. Oleh karena itu, ketika berpuasa Anda juga harus mencukupi kebutuhan tubuh akan karbohidrat. Contoh jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain gandum utuh, biji-bijian, produk kedelai, buah-buahan, sayur, susu, dan acar.

Makanan yang berair

Menjaga kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa menjadi sangat penting. Selama seharian tidak minum, tentu tubuh akan kekurangan cairan. Untuk mengatasi hal ini, perbanyaklah minum air dan mengonsumsi makanan berair ketika sahur maupun berbuka. Makanlah secara berkala, jangan makan langsung kenyang sekaligus. Makanan yang harus dikonsumsi saat sahur harus mengandung banyak cairan seperti buah maupun sayuran segar. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang berkuah seperti sup untuk menambah cairan tubuh. Hindari minum kopi dan soda karena bersifat diuretik dan akan mengeluarkan cairan tubuh melalui air kencing.

Kurma

Buah kurma merupakan makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa. Buah ini juga sangat baik dimakan ketika sahur karena akan memberikan energi bagi tubuh. Buah kurma juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Untuk Anda yang mengalami susah BAB ketika puasa, konsumsi kurma sangat disarankan.
Baca juga : Manfaat Buah Kurma untuk Buka Puasa

Itulah makanan yang harus dikonsumsi saat sahur dari tipsehat.info dan sebaiknya perhatikan asupan makanan ketika berpuasa agar tubuh tetap sehat. Jika tubuh sehat, maka kita juga bisa menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Related Posts