Cara Mengatasi Bau Mulut saat Puasa

shares |

Bau mulut merupakan masalah yang kerap dialami oleh orang yang sedan berpuasa. Oleh karena itu, Anda harus mensiasati masalah ini agar bisa berpuasa tanpa bau mulut. Tanpa bau mulut, tentu ibadah puasa yang dijalani juga akan semakin nikmat. Tapi bagaimana cara mengatasi bau mulut saat puasa?
Cara mengatasi bau mulut
Mengatasi bau mulut

Penyebab bau mulut saat sedang berpuasa dipengaruhi beberapa faktor. Akan tetapi, masalah kebersihan dan kesehatan mulut adalah faktor utama yang bisa membuat mulut bau saat sedang puasa.
Baca juga : Makanan yang Bagus Dikonsumsi Saat Sahur

Penyebab bau mulut saat puasa

  • Adanya sisa-sisa makanan di dalam mulut yang dapat berubah menjadi gas sulfur akibat pengaruh bakteri. Kemudian gas inilah yang bisa membuat mulut bau.
  •  Saat tidak puasa, maka di dalam mulut akan memproduksi saliva(air liur). Pada saat puasa ini produksi saliva akan berkurang sehingga masalah bau mulut bisa terjadi. Ini karena bakteri berkembang dengan sangat cepat ketika mulut kering dan tidak adanya cairan yang membersihkan mulut.
  • Bau mulut juga bisa terjadi karena penyebab dari dalam. Misalnya orang yang menderita diabetes dan maag juga sangat rawan terkena bau mulut terlebih ketika puasa.

Cara mengatasi bau mulut saat puasa

  1. Perbanyaklah minum air putih hingga 8 atau 10 gelas. Minumlah secara berkala sejak berbuka hingga akhir waktu sahur agar perut tidak kembang karena minum sekaligus. Air akan mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga produksi air liur di mulut tetap normal meskipun sedang berpuasa.
  2. Gosoklah gigi dan lidah sampai benar-benar bersih saat membersihkan mulut. Hal ini akan membantu mengurangi bau mulut karena kuman dan bakteri di dalam mulut tidak berkembang. Jika mulut bersih dari sisa makanan maka kemungkinan berkembangnya kuman penyebab bau mulut juga dapat diminimalisir.
  3. Minum teh hijau tanpa gula juga bisa mengatasi bau mulut ketika berpuasa. Minumlah satu cangkir teh pada saat berbuka, kandungan zat polyphenol pada teh dapat membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Teh hijau juga sangat berguna bagi perokok karena dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada rongga mulut.
  4. Jangan menyentuh makanan berbau menyengat. Makanan seperti jengkol, petai dan durian dapat memicu bau mulut semakin meningkat.
  5. Jangan merokok. Percayalah bahwa merokok sama sekali tidak ada gunanya. Selain berbahaya bagi kesehatan, rokok juga merupakan pemicu bau mulut yang sangat dominan
  6. Cara mengatasi bau mulut saat puasa juga harus menghindari makanan yang lengket seperti cokelat, kue basah, biskuit dan es krim. Makanan yang lengket sulit dibersihkan sehingga memicu bau mulut.
  7. Olahraga juga dapat membantu menghilangkan bau pada mulut. Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan racun yang bisa memicu masalah pada tubuh termasuk bau mulut.
  8. Bersihkan gigi dengan benang gigi. Benang gigi akan membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Sisa makanan ini akan menyebabkan berkembangnya bakteri penyebab mulut bau.
  9. Bila perlu, gunakan obat kumur saat membersihkan mulut. Obat kumur bisa mencegah bau mulut secara efektif.
  10. Jika semua langkah sudah dilakukan tapi mulut masih bau, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut saat puasa. Dengan mulut yang sehat, bersih dan tanpa bau menyengat, tentu kita akan semakin nyaman ketika berpuasa.

Related Posts