Cara Paling Ampuh Berhenti Merokok

shares |

Merokok adalah kebiasaan buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, dan bisa menyebabkan berbagai penyakit mematikan jadi anda perlu cara untuk berhenti merokok agar tetap sehat. Ketika anda merokok, maka anda akan berpotensi mengidap kanker, radang paru-paru, imptotensi, dan lain-lain. Hal tersebut bahkan biasanya tercantum dalam kemasan rokok. Namun meski rokok sangat jelas memberi efek berbahaya, tapi masih sangat banyak orang yang merokok tiap hari. Beberapa diantaranya bahkan bisa menghabiskan rokok dalam jumlah yang banyak. Ya, meski hampir semua perokok menyadari bahwa kebiasaan tersebut sangat berbahaya, namun mereka sangat sulit untuk berhenti. Penyebabnya tentu saja karena nikotin yang terkandung pada rokok, yang mana zat tersebut bisa menimbulkan efek candu pada penghisapnya. Apakah anda termasuk? Ingin berhenti namun sulit? Anda berada di blog yang tepat, karena kami akan memberikan beberapa Tips Ampuh Berhenti Merokok. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

cara berhenti merokok
Paru-paru perokok

Tips Berhenti Merokok yang Ampuh

Berhenti Secara Bertahap

Tahukan anda, kebanyakan orang yang ingin berhenti merokok justru mengalami kegagalan karena mereka berhenti secara sekaligus. Lalu apa penyebabnya? Berhenti secara sekaligus tentu saja akan menyebabkan efek samping seperti cemas, gampang emosi, keringat berlebih, dan gejela-gejala lain. Hal ini disebabkan karena tubuh anda butuh proses ketika tidak disuplai asupan nikotin. Hal ini akan sangat buruk karena proses tersebut bisa menganggu aktivitas anda secara total. Maka dari itu, lakukanlah proses secara bertahap. Misalnya anda biasa merokok 12 batang perhari, maka besoknya menjadi 11 batang. Terus lakukan secara bertahap dan berulang.

Perbanyak Minum Susu

Selain untuk kesehatan tubuh, tips sehat meminum susu juga bisa dimanfaatkan dalam proses berhenti merokok. Hal ini dikarenakan susu bisa merusak cita rasa rokok saat dihisap, sehingga merokok akan terasa tidak enak. Dengan demikian, hal tersebut akan berpengaruh pada efek psikologi, yang mana bisa membuat anda malas untuk merokok karena rasanya tidak enak.

Cari Kesibukan

Kebiasaan merokok paling enak jika dilakukan ketika jam istirahat atau waktu senggang. Maka dari itu anda harus mencari kesibukkan sebanyak mungkin, supaya bisa melupakan rokok. Lama kelamaan anda akan terbiasa dengan aktivitas yang dilakukan tanpa bergantung pada rokok.

Bergaul Dengan Orang Yang Tidak Merokok

Pergaulan tentu saja cukup berperan dalam kebiasaan merokok. Jika anda sudah punya niat berhenti, namun masih bergaul dengan orang-orang yang merokok, maka bisa saja anda kembali tergoda untuk merokok. Namun tentu saja kami tidak menyarankan anda untuk menjauhi teman-teman lama. Tetaplah berteman dengan mereka walaupun orang-orang tersebut adalah perokok, namun hindari berbincang ketika mereka sedang menghisap rokok. Sebaliknya, carilah orang-orang yang tidak merokok untuk diajak ngobrol dan berbincang tentang berbagai topik.

Ganti Jenis Rokok

Hal ini masih ada kaitannya dengan efek psikologi tentang cita rasa. Gantilah jenis rokok anda ke yang lebih murah. Dengan demikian, rasa rokok tentu akan menjadi tidak enak, karena anda tidak biasanya dengan rokok baru yang lebih murah. Lama kelamaan anda akan malas untuk merokok, dan bisa saja berhenti secara total.

Itulah ulasan tentang Tips Ampuh Berhenti Merokok. Jika anda memiliki niat yang sungguh-sungguh, maka sesungguhnya tidak akan sulit untuk berhenti merokok. Banyak orang yang gagal berhenti biasanya dikarenakan niat mereka yang masih setengah-setengah dan tidak serius dalam proses berhenti merokok. Semua tips dan langkah di atas akan menuntun anda dalam proses berhenti merokok, dan semakin memudahkan anda. Selain itu, disarankan pula untuk berkonsultasi langsung pada dokter ahli, supaya proses berhenti merokok bisa berjalan lebih lancar. Terima kasih sudah menyimak ulasan kami tentang Cara Berhenti Merokok, semoga bermanfaat.

Related Posts