Mengenal Beberapa Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

shares |

Mengenal Beberapa Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia - Kebutuhan pokok manusia itu pada dasarnya terbagi menjadi tiga yaitu kebutuhan sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal). Namun, sebetulnya ada beberapa kebutuhan lainnya yang tidak kalah penting dalam kehidupan ini, salah satunya adalah kebutuhan akan kesehatan. Tanpa fisik yang sehat seseorang tidak dapat melakukan aktivitas sebagaimana mestinya sehingga masalah kesehatan juga perlu mendapatkan prioritas utama. Sejalan dengan hal tersebut, kini bidang kesehatan memang sudah tidak diremehkan lagi. Salah satu buktinya, sebagaian dari masyarakat kita sudah banyak yang memproteksi kesehatannya dengan cara mengikuti atau join dengan salah satu perusahaan asuransi kesehatan.

Jenis-jenis asuransi kesehatan

asuransi kesehatan individu

Jika dilihat dari jumlah pesertanya, asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: Pertama adalah jenis asuransi kesehatan individu. Apa yang dimaksud dengan jenis asuransi kesehatan yang satu ini? Asuransi Kesehatan Individu merupakan produk asuransi yang bergerak di bidang kesehatan dan secara khusus menangani masalah jaminan kesehatan secara individu atau perorangan. Anda dapat memperoleh produk asuransi ini dengan cara mengajukannya secara pribadi ke agen atau perusahaan asuransi yang terdapat di daerah sekitar rumah anda.

jenis asuransi keluarga

Kedua, jenis asuransi kesehatan keluarga adalah salah satu produk asuransi kesehatan untuk menjamin kesehatan anda dan keluarga. Berapa banyak orang yang didaftarkan dalam asuransi tersebut akan sangat tergantung pada anda sebagai nasabah asuransi dan semuanya itu dapat ditentukan pada police asuransi yang telah ditentukan di masing-masing perusahaan asuransi yang dimaksud. Istimewanya produk asuransi yang satu ini terletak pada cakupan tanggungan yang dapat berlaku bagi semua anggota keluarga yang telah anda daftarkan. Namun premi yang harus anda bayarkan kepada perusahaan asuransi juga akan lebih besar jika dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan individu atau perseorangan.

Asuransi kesehatan
Asiransi kesehatan

Asuransi kesehatan kelompok

Ketiga, asuransi kesehatan kelompok adalah produk asuransi kesehatan yang dapat melayani jaminan kesehatan secara kelompok. Jenis asuransi ini biasanya diminati oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memberikan fasilitas kesehatan kepada para karyawannya. Oleh karena itu, pihak perusahaan biasanya akan mendaftarkan semua karyawan yang bekerja di perusahaannya tersebut secara otomatis sehingga secara sadar atau tidak ketika anda menjadi karwanan di perusahaan tersebut; maka anda juga secara langsung telah mendapatkan asuransi kesehatan tersebut dan anda bias menggunakan asuransi tersebut ketika anda membutuhkannya.

Selain tiga jenis diatas, asuransi kesehatan juga dapat dilihat dari jenis perawatannya yaitu asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi kesehatan rawat jalan. Perbedaan yang melekat dari kedua jenis asuransi tersebut terletak pada beban resiko yang diemban oleh pihak perusahaan. Untuk asuransi kesehatan rawat jalan, anda sebagai nasabah hanya akan diberikan biaya pengobatan dan perawatan dari dokter. Sementara itu, pada asuransi kesehatan rawat inap selain dua hal tadi anda juga akan diberikan biaya rawat inap termasuk biaya kamar perawatan selama anda berobat di rumah sakit yang dimaksud.

Related Posts