Tips Diet Sehat Golongan Darah O

shares |

Salah satu yang menjadi faktor keberhasilan diet adalah dengan memilih menu diet sesuai golongan darah. Perlu anda ketahui reaksi tubuh seseorang terhadap makanan yang dikonsumsi akan berbeda sesuai dengan golongan darah yang dimiliki. Jadi, seseorang yang bergolongan darah A dengan O misalnya akan mengalami reaksi tubuh yang berbeda terhadap jenis makanan yang dikonsumsi. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui menu mana yang tepat untuk diet anda sesuai dengan golongan darah yang anda miliki.
Tips diet golongan darah O
Diet golongan darah O

Langkah-langkah diet golongan darah O

Langkah pertama, anda perlu memahami karakteristik golongan darah O. Seseorang bergolongan darah O mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih bagus ketimbang tipe golongan darah lainnya. Tipe golongan darah O akan mudah beradaptasi dengan makanan di daerah tempat dimana ia tinggal. Namun apabila mengkonsumsi makanan yang tidak sesuai dapat menyebabkannya terserang jenis penyakit yang diakibatkan oleh kerusakan organ atau radang.
Diet sehat golongan darah O adalah jenis diet yang rendah karbohidrat dan protein yang tinggi. Untuk itu, jenis makanan yang tepat adalah berbagai sayuran hijau dan sumber protein hewani, seperti makanan laut. Bagi anda yang bergolongan darah O. Berikut ini ada berbagai tips diet sehat untuk anda.

1. Memilih buah yang tepat

Tidak semua jenis buah-buahan baik untuk dikonsumsi tipe golongan darah O saat diet. Ada berbagai buah yang harus anda hindari saat anda diet, yaitu strawberrry, beri hitam, kelapa, blewah, pisang raja, alpukat dan jeruk. Sedangkan buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet adalah pulm hijau dan ceri.
Anda bisa mengonsumsi buah ceri dengan dijadikan jus segar. Dan jenis buah-buahan lainnya yang bisa anda konsumsi dengan jumlah cukup adalah apel, beri, anggur, jeruk bali, jeruk nipis, kiwi, jambu biji, mangga, melon, persik, pir, nanas dan pepaya.

2. Sayuran yang cocok untuk golongan darah O

Sama halnya dengan buah-buahan, anda juga harus memilih-milih dengan tepat sayuran yang cocok untuk diet anda. Brokoli, bawang putih, selada, labu kuning dan lobak adalah jenis sayuran yang sangat baik untuk program diet sehat golongan darah O. Dan sayuran yang dapat dijadikan selingan maupun pendamping yaitu wortel, seledri, ketumbar, mentimun, jahe, bawang merah, paprika, daun bawang, tomat, singkong dan mentimun jepang. Sedangkan jenis sayuran yang harus anda hindari saat diet adalah kembang kol, terong, jamur dan kentang.

3. Kacang-kacangan

Pada saat diet, anda juga memerlukan asupan nutrisi yang terkandung pada kacang-kacangan. Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau dan kacang hitam, namun disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup saja, jangan terlalu sering. Dan jenis kacang merah dan kacang dari buncis perlu dihindari saat diet.

4. Daging 

Untuk diet sehat golongan darah O dalam mengkonsumsi daging, harus diperhatikan cara pengolahannya dan jumlahnya. Hindari konsumsi daging dengan pengolahan digoreng. Sebaiknya daging dikukus, direbus atau dipanggang. Pastikan jumlah yang dikonsumsi tidak lebih dari 6 gramm karena bisa mengakibatkan hiperasiditas jika dikonsumsi berlebihan.
Daging yang dianjurkan dikonsumsi adalah ikan kod, ikan haring, ikan kembung, ikan salmon, ikan sarden, ikan nila, gading sapi, daging kerbau daging kambing dan daging rusa. Hindari mengkonsumsi daging babi, gurita, lele dan angsa

5. Olahraga yang tepat

Untuk menunjang keberhasilan diet, tentunya harus dibarengi dengan olahraga untuk membantu menurunkan kadar lemak. Dianjurkan melakukan olahraga yang dapat mengecilkan perut. Selain itu, olahraga kardio seperti bersepeda, berenang, aerobik dan jogging cocok untuk tipe golongan darah ini.

6. Susu untuk diet

Asupan susu dan berbagai jenis produk susu lainnya harus dikurangi untuk diet golongan darah O.

7. Hindari makanan berikut

Anda juga sebaiknya menghindari kopi, minuman bersoda, minuman beralkohol, keju, yogurt dan es krim.
Semoga tips diet sehat golongan darah O di atas bisa bermanfaat.

Related Posts