Tahukah Anda Cara Efektif Menghilangkan Rambut Ketiak?

shares |

Tipsehat.info - Bagaimana cara yang efektif untuk menghilangkan rambut ketiak sangat dicari oleh banyak orang. Pada umumnya kehadiran rambut ketiak cukup mengganggu terutama bagi wanita. Efek negatif yang timbul dari rambut ketiak adalah mengganggu penampilan serta menimbulkan bau badan tak sedap. Sehingga salah satu cara untuk menghilangkan bau badan tak sedap adalah mencukur rambut ketiak secara rutin.

Bau menyengat dari area ketiak akan menyebabkan orangnya merasa gak pede dan risih. Masalah ini pada umumnya timbul pada wanita dan pria yang berbakat secara keturunan atau genetik memiliki rambut lebat khususnya di area ketiak. Memang benar bahwa faktor genetik memiliki andil utama dalam hal lebat atau tipisnya rambut di badan.
rambut ketiak

Cara-Cara Menghilangkan Rambut Ketiak

Di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan rambut ketiak yang bisa anda lakukan sendiri atau dengan bantuan ahlinya:

1. Secara rutin mencukur rambut ketiak
Meskipun menyebabkan beberapa efek negatif seperti perubahan warna yang menghitam pada kulit di area ketiak dan rambut yang tumbuh kembali terasa tebal namun mencukur adalah pilihan dari banyak orang untuk menghilangkan rambut ketiak. Hasil dari cara ini bisa terlihat secara instant namun hanya sementara saja. Pada beberapa hari kemudian rambut-rambut tersebut akan tumbuh kembali.

Lebih lanjut, silahkan mencoba tips sehat berikut ini untuk mencukur rambut ketiak anda secara aman serta mengurangi resiko menghitamnya warna kulit ketiak:
  • Pastikan ketajaman alat cukur milik anda.
  • Sangat disarankan menggunakan shaving foam (busa untuk mencukur rambut). Jika tidak memilikinya anda bisa pula menggunakan shampo sebagai pengganti shaving foam yang murah serta efektif.
  • Berhati-hatilah saat mencukur supaya kulit anda tidak terluka. Hal ini bisa dilakukan dengan teknik mencukur yang mengikuti arah pertumbuhan rambut.
  • Mencukur rambut ketiak bisa menyebabkan iritasi kulit. Jangan lupa untuk mengoleskan.pelembab setelah selesai mencukur.
  • Jika kulit ketiak terlanjur hitam maka warna hitam ini bisa dihilangkan dengan menggunakan ramuan herbal yaitu campuran parutan kunyit, sari buah lemon dan parutan ketimun. Cara menggunakan ramuan ini adalah dengan mengoleskannya pada ketiak lalu tunggu 20 menit kemudian dibasuh dengan menggunakan air hangat.
Tawas yang diseduh dengan air hangat juga bisa digunakan untuk menghilangkan warna hitam di ketiak.

2. Waxing
Metode waxing biasanya dilakukan di salon kecantikan oleh tenaga terampil di sana. Namun anda juga bisa melakukan sendiri di rumah jika anda sudah menguasai teknik ini serta memiliki sendiri peralatannya. Efek dari teknik ini lebih tahan lama dibanding hanya dicukur serta membutuhkan biaya yang relatif terjangkau. Namun jika anda melakukan tidak sesuai prosedur maka anda mungkin akan mengalami yang dikeluhkan banyak orang sebelum anda yaitu timbul nyeri.

3. Krim penghilang rambut
Gunakan krim penghilang rambut sesuai dengan petunjuk penggunaan. Biasanya ada perintah untuk melakukan tes krim ini terhadap kulit anda yaitu dengan cara mengoleskannya di lengan atau kulit belakang telinga. Jika tidak terjadi reaksi buruk pada kulit di tempat test tersebut berarti krim tersebut bisa digunakan di ketiak. Sebaiknya anda mengoleskan pelembab setelah mengoleskan krim penghilang rambut. Banyak toko obat yang menjual jenis krim ini sehingga anda akan mudah memperolehnya.

4. Elektrolisis
Metode elektrolisis adalah cara yang paling membutuhkan kompetensi dibandingkan 3 cara di atas yang sudah disebutkan. Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam lagi jika anda memutuskan untuk memilih metode elektrolisis karena hanya tenaga profesional yang berkompeten saja yang bisa melakukannya secara benar dan aman.

Prinsip kerja metode ini adalah mengalirkan listrik tegangan rendah dan berarus kecil ke folikel rambut di area ketiak dengan tujuan mematikan folikel rambut tersebut. Jika proses elektrolisis tersebut sukses dilakukan maka ketiak anda tidak akan berambut lagi secara permanen.

Cara Alami Untuk Menghilangkan Rambut Ketiak

Di bawah ini adalah beberapa ramuan alami dari berbagai tumbuhan dan mineral yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan rambut ketiak:

1. Kapur barus/ kamper dan merica
Sediakan minyak kelapa, 3 buah kapur barus/kamper seukuran kelereng dan 30 butir merica. Kemudian haluskan 3 buah kapur barus/kamper dan 30 butir merica tersebut lalu masukkan ke dalam minyak kelapa dan aduk sampai tercampur merata. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya ke kulit di ketiak sebelum anda tidur. Rambut ketiak anda bisa rontok melalui metode ini.

2. Kapur barus/ kamper dan jintan putih
Sediakan air jeruk nipis secukupnya, 3 buah kapur barus/kamper seukuran kelereng dan 30 butir jintan putih. Lalu haluskan 3 buah kapur barus/kamper seukuran kelereng dan 30 butir jintan putih kemudian aduk dengan air jeruk nipis sampai tercampur merata. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan ramuan ini pada area ketiak setelah dicukur.

3. Air kapur sirih dan kunyit
Sediakan kunyit sebesar satu ruas jari dan air kapur sirih secukupnya. Kemudian rendam kunyit di dalam air kapur sirih sebentar saja lalu gosokkan kunyit tersebut pada ketiak setelah selesai mencabut atau mencukur rambutnya.

Demikian uraian singkat mengenai cara efektif menghilangkan rambut ketiak dan cara mengatasi efek yang timbul dari mencukur atau mencabut rambut tersebut, baca juga artikel kami tentang faktor penyebab dan cara menghaluskan kulit wajah dan jangan lupa di share ya.

Related Posts