6 Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan

shares |

6 Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan - Buah semangka berasal dari benua Afrika dan buah ini dapat bertahan hidup pada ladang yang gersang karena mampu menyimpan cadangan makanan sendiri. Buah semangka cocok dimakan saat cuaca sedang panas karena buah ini banyak menyimpan air pada daging buahnya yang menyegarkan. Buah ini memiliki nama latin Citrullus Lanatus dan ternyata masih satu keluarga dengan jenis timun-timunan. Kandungan gizi pada semangka cukup banyak dan memiliki khasiat tersendiri untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi pada buah semangka adalah vitamin A, B6, C, karbohidrat, kalsium, zinc, fosfor, magnesium dan kalium. Berikut ini beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan.

buah semangka
Buah semangka

Manfaat semangka untuk kesehatan

Mengobati Kencing Manis

Penyakit kencing manis atau diabetes merupakan jenis penyakit metabolisme yang memiliki ciri berlebihnya kadar gula di dalam darah. Gangguan kesehatan ini menyebabkan kerusakan pada sistem pengeluaran insulin. Bila penyakit ini tidak diberi penanganan medis dengan segera maka bisa membahayakan kesehatan dari penderitanya. Buah semangka dapat dijadikan sebagai bahan untuk obat tradisional diabetes. Caranya adalah dengan menoreh kulit buah semangka dan kemudian dicampurkan dengan jambu biji yang masih mengkal. Selanjutnya, rebus dua buah tersebut dalam 3 gelas air putih hingga menyisakan hanya 1 gelas air saja. Setelah itu, minumlah air rebusan ini secara tertaur sampai diabetes sembuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi akan rentan sekali terkena serangan jantung atau penyakit stroke. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan intensif, bisa dengan menggunakan buah semangka sebagai bahan obat tradisional atau alternatif. Caranya adalah dengan meminum jus semangka 2 kali dalam sehari. Atau bisa juga dengan langsung memakan daging semangka tanpa diolah menjadi jus.

Mengobati Sariawan

Penyakit sariawan diakibatkan oleh kurangnya air yang melintasi lidah. Meski dikategorikan sebagai jenis penyakit yang mudah sekali disembuhkan, sariawan bisa membuat penderitanya menjadi sangat tidak nyaman ketika berbicara dan makan. Salah satu buah yang efektik untuk mengobati sariawan secara alami adalah semangka. Caranya adalah dengan menempelkan dan menggosokkan bagian yang hijau pada daging buah semangka ke bagian yang terkena sariawan.

Menambah Konsentrasi dan Daya Ingat

Buah semangka yang rasanya manis dapat memacu otak manusia untuk bisa berkonsentrasi dengan lebih baik. Disarankan untuk memakan semangka minimal 1 hingga 4 potong dalam satu hari. Anda bisa menjadikan buah semangka sebagai pengganti cemilan yang sehat di waktu luang.

Mengobati Kulit Gatal

Buah semangka berkhasiat untuk mengurangi kulit gatal akibat tanaman yang beracun. Caranya dengan langsung menggosokan bagian hijau semangka pada area sekitar kulit yang gatal.

Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok yang berlebihan bisa menjadi masalah yang sangat menggangu terutama bagi kaum perempuan. Caranya adalah dengan menggunakan kulit semangka dan digosokkan pada bagian kulit kepala secara merata. Untuk melakukan pengobatan atau perawatan tradisional sebaiknya dilakukan pada sore hari.

Related Posts