Banyaknya Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

shares |

Apel adalah buah yang banyak disukai dan sangat populer baik di Indonesia maupun di luar negeri. Buah ini disukai karena manfaat dan rasanya yang manis serta kandungan gizinya yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari buah apel, bisa dengan dikonsumsi langsung, dijadikan jus, bahan untuk membuat salad atau dibuat manisan. Untuk memperoleh semua khasiat dari buah apel, disarankan agar memakan apel beserta kulitnya. Jangan lupa untuk selalu mencuci apel terlebih dulu dengan air mengalir sampai bersih untuk menghilangkan senyawa pestisida yang mungkin terdapat pada kulit apel. Buah apel mengandung nutrisi dan gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin C, kalsium dan magnesium. Berikut ini beberapa manfaat apel untuk kesehatan.

Buah Apel bagi kesehatan
Buah apel

Manfaat apel yang sangat banyak

Menangkal Radikal Bebas

Kulit apel merupakan salah satu sumber makanan paling baik yang menghasilkan zat quercetin. Zat antioksidan yang potensial ini sangat efektif untuk menghancurkan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit di dalam tubuh manusia. Di samping itu, zat antioksidan ini dapat membantu melawan peradangan yang bisa memicu gejala-gejala penuaan dini. Dosis yang besar dari zat quercetin juga telah terbukti bisa mencegah infeksi pernafasan atas terutama pada kaum pria yang sering pergi berlatih di gym.

Mencegah Diabetes dan Penyakit Jantung

Bagi mereka yang sering makan apel, maka akan lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit darah tinggi, meningkatnya kolesterol dan lemak perut yang berlebihan. Semua penyakit atau gangguan kesehatan ini bisa memperbesar resiko seorang pria untuk terkena penyakit jantung dan penyakit gula (diabetes) tipe 2. Makan buah apel dengan teratur dapat mengurangi tingkat protein C reaktif yang terkandung di dalam darah. Jenis protein ini mampu menyebabkan berbagai jenis penyakit yang sudah disebutkan tadi.

Mengandung Serat yang Tinggi

Satu buah apel dengan ukuran sedang dengan kulitnya, mengandung serat sebanyak 5 gram. Selain sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme, serat bisa membantu mengendalikan dan menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol serta membantu tubuh untuk menyimpan glukosa pada pembuluh darah. Lebih dari setengah kandungan serat pada buah apel ternyata ada pada bagian kulitnya.

Mencegah Resiko Kanker

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah apel mengandung campuran senyawa yang sangat bermanfaat untuk menghentikan perkembangbiakan sel kanker pada organ pancreas dan paru-paru.

Mencegah Dehidrasi

Apel merupakan jenis buah sangat kaya akan kandungan air. Satu buah apel ternyata menganung atau terdiri dari cairan sebanyak 85 persen. Dengan mengkonsumsi satu buah apel ukuran sedang, ternyata dengan meminum air sebanyak 5 ons. Sering mengkonsumsi buah apel dapat membantu mencegah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi terutama pada saat musim kemarau.

Related Posts