Manfaat dan Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

shares |

Buah manggis atau nama ilmiahnya Garcinia mangostana merupakan buah dengan bentuk bulat dan berukuran sebesar kepalan tangan. Rasa buah manggis ini manis sedikit asam dan terasa menyegarkan ketika dimakan. Selain rasa yang lezat, buah manggis banyak sekali mengandung vitamin yang berkhasiat bagi kesehatan. Di sisi lain, ternyata masih banyak orang yang belum faham secara utuh mengenai manfaat buah manggis bagi kesehatan. Berikut ini diulas manfaat buah manggis untuk kesehatan supaya dapat memanfaatkannya dengan optimal.
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis bagi kesehatan

Pencegah Kanker

Nanggis mengandung senyawa xanthone yang fungsi utamanya untuk mencegah kanker. Selain untuk mencegah timbulnya kanker, kandungan xamthone bisa digunakan oleh mereka yang memang sudah terlanjur terjangkit oleh virus kanker. Xamthone dapat menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh terutama pada organ hati dan usus besar. Selain itu, kandungan xamthone berfungsi sebagai pencegah leukimia.

Pereda Nyeri

Manggis mampu membuat otot tubuh menjadi lebih rileks sehingga nyeri pada tubuh dapat berkurang sedikit demi sedikit. Cara memperoleh manfaat tersebut adalah dengan memakan buah manggis dalam bentuk olahan jus. Hindari penambahan gula yang berlebihan karena gula bisa menyebabkan khasiat buah ini menjadi sedikit berkurang.

Penangkal Radikal Bebas

Manggis mengandung zat cetechins yang berfungsi untuk menanggulangi serangan radikal bebas. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi manggis setiap hari secara rutin untuk mencegah serangan radikal bebas agar tubuh selalu sehat.

Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal adalah salah satu diantara penyakit yang membahayakan dan bisa merenggut nyawamanusia. Untuk menghindari bahaya ini, sebaiknya rutin untuk mengkonsumsi buah manggis. Selain untuk mencegah penyakit batu ginjal, zat di dalam buah manggis dapat membuat kinerja ginjal menjadi lebih baik.

Pelangsing Alami

Kandungan xanthone dalam buah manggis juga bisa membuat tubuh menjadi lebih langsing. Dianjurkan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan memperbanyak mengkonsumsi buah manggis. Selain untuk melangsingkan tubuh, xanthone di dalam buah manggis juga berkhasiat untuk menghindari penyakit diabetes dan serangan jantung.

Penambah Stamina

Khasiat buah manggis lainnya adalah untuk menambah stamina. Buah manggis bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas sehari-hari. Sebaiknya mengkonsumsi buah manggis minimal satu buah setiap hari untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh.


Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Seiring dengan bertambahnya usia, maka jumlah bakteri yang ada di dalam perut akan semakin bertambah banyak. Kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan terserang penyakit diare. Untuk mencegah hal ini, bisa dengan mengkonsumsi buah manggis setiap hari secara rutin namun dengan jumlah yang wajar. Buah manggis bisa dikonsumsi dalam bentuk, puding, jus atau olahan yang lainnya.

Demikian ulasan tentang manfaat buah manggis untuk kesehatan yang dapat menambah pengetahuan anda. Dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin maka diharapkan bisa mencegah berbagai penyakit sejak dini.

Related Posts