Manfaat Buah Alpukat untuk Menurunkan Kolestrol Jahat

shares |

5 Manfaat Buah Alpukat yang tidak Terduga - Buah alpukat dikenal mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan manusia. Alpukat memiliki nama latin Persea americana dan termasuk ke dalam keluarga tanaman Lauraceae. Tanaman buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Selain buahnya yang enak untuk dimakan atau dibuat jus, alpukat ternyata mengandung senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya, namun biji dan daun alpukat pun mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan dan sudah sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Berikut ini beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan.

alpukat, Manfaat Buah Alpukat, buah alpukat
Buah Alpukat


Alpukat menurunkan kadar kolesterol jahat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan manusia dan juga bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik). Di samping itu, buah alpukat mengandung betasitosterol yang bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat yang diserap dari berbagai jenis makanan. Perpaduan antara betasitosterol dengan lemak tak jenuh tunggal akan membuat alpukat menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk memecah kolesterol dalam tubuh.

Alpukat menangkal Radikal Bebas

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan minyak dalam buah alpukat bisa menembus ke dalam mitokondria. Ini adalah bagian penting dari fungsi sel tubuh yang dapat merubah makanan jadi energi. Kandungan antioksidan dalam wortel atau tomat juga sebenarnya bisa memblokir radikal bebas, akan tetapi tidak bisa menembus hingga ke dalam mitokondria.


Alpukat menjaga Tekanan Darah

Buah alpukat bisa membantu agar tekanan darah tetap terjaga. Alpukat mengandung senyawa potassium yang bisa menstabilkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan darah. Selain itu, senyawa ini sangat berkhasiat untuk mencegah serangan darah tinggi (hipertensi). Serangan darah tinggi ini adalah salah satu pemicu penyakit stroke yang dapat membuat tubuh menjadi tidak bisa bergerak separuhnya.

Alpukat mengendalikan Gula Darah

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bisa mengembalikan resistensi insulin sehingga akan membantu tubuh dalam mengontrol gula darah. Di samping itu, serat makanan di dalam alpukat bisa membantu mempertahankan kadar gula darah agar tetap normal.


Alpukat menghilangkan Kantung Mata

Masker buah alpukat merupakan ramuan mujarab untuk mengurangi dan menghilangkan kantung di sekitar mata. Caranya cukup dengan mengoleskan masker alpukat di sekitar kantung mata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Related Posts