8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh

shares |

Jeruk merupakan salah satu buah yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang memang menyegarkan dan mengundang selera. Rasa buah jeruk adalah masam segar dan ada juga jenis jeruk dengan rasa yang sangat manis. Rasa masam dari buah jeruk ini disebabkan kandungan asam sitrat yang tinggi dalam buah ini. Untuk mengonsumsi buah jeruk, orang-orang sering memakannya dengan cara langsung atau mengolahnya terlebih dulu menjadi jus. Buah jeruk berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Asia Timur dikenal sebagai tempat asal dari jenis jeruk sitrun dan jeruk manis. Sedangkan Asia Tenggara dikenal sebagai tempat asal dari jenis jeruk purut, jeruk nipis dan jeruk bali. Manfaat dan khasiat yang bisa diberikan oleh buah jeruk ini ternyata sangat banyak. Orang-orang sering menggunakan buah jeruk sebagai bahan utama atau pelengkap untuk berbagai olahan makanan, wangi-wangian, produk kecantikan dan rempah-rempah. Berikut ini beberapa manfaat buah jeruk untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

manfaat jeruk, manfaat buah jeruk, manfaat jeruk bagi tubuh

Menjaga kesehatan pernafasan

Manfaat buah jeruk sitrun untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan pernafasan serta menghindari resiko kanker paru-paru. Buah jeruk kaya akan kandungan karotenoid betacryptoxanthin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pernafasan.

Mencegah penyakit kanker

Buah jeruk banyak sekali mengandung vitamin C dan dipercaya mampu untuk menanggulangi kanker mulut, kanker perut dan kanker laring.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang sangat tinggi terkandung dalam buah jeruk sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Buah jeruka sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika musim hujan sehingga tidak menjadi gampang sakit.

Mencegah kerusakan sel

Buah jeruk juga mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan sel.

Menjaga keseimbangan gula/glukosa darah

Buah jeruk mengandung fruktosa yang sangat berkhasiat untuk menjaga keseimbangan kadar gula/glukosa dalam tubuh manusia. Jadi bagi para penderita diabetes, mengonsumsi buah jeruk tergolong aman asalkan tidak berlebihan dan sesuai anjuran dokter.

Menjaga kesehatan sistem metabolisme

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, sangat direkomendasikan untuk rajin mengonsumsi buah jeruk. Hal ini disebabkan buah jeruk kaya akan kandungan serat yang bisa menjaga keseimbangan sistem metabolisme dan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Anti-inflamasi

Buah jeruk mengandung hesperidin yang fungsi utamanya untuk anti-inflamasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa hesperidin sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit membahayakan seperti jantung, kanker, peradangan dan sebagainya.

Mencegah osteoporosis dan hipertensi

Buah jeruk kaya akan kandungan potassium (kalium). Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang supaya tidak keropos. Oleh karena itu, buah jeruk ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para lansia. Selain itu, kandungan dalam buah jeruk ini sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Related Posts