Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 5 Bulan

shares |

Usia kehamilan 5 bulan dianggap oleh sebagian besar wanita hamil adalah masa dimana badan sudah terbiasa dengan adanya jabang bayi dalam perut. Dalam usia kehamilan 5 bulan ini ibu hamil sudah bisa menikmati dan merasakan pergerakan dari janin yang dikandung. Pada usia kehamilan 5 bulan ini sang calon bayi sudah mengalami pertumbuhan yang signifikan, beberapa indera yang dimiliki sang calon bayi sudah dapat berfungsi dan akan lebih sensitive terhadap lingkungan sekitar.
Perkembangan janin Usia Kehamilan 5 Bulan
Janin 5 bulan

Pada saat usia kehamilan 5 bulan, beberapa indera calon bayi akan mulai berfungsi. Dan calon bayi akan lebih merespon terhadap lingkungan sekitar seperti suara. Mata calon bayi pada usia kehamilan 5 bulan sudah mulai berkembang. Pada usia kehamilan 5 bulan ini calon bayi akan mengeluarkan kelenjar minyaknya untuk melindungi kulit dan menjaga temperature. Perlindungan ini disebut venix caseoda, pada usia kehamilan 5 bulan ini janin dalam kandungan mempunyai sistem untuk melinduginya dari sakit dan juga infeksi. Saat usia kehamilan 5 bulan, ginjal pada calon bayi di dalam kandungan ibu sudah dapat menghasilkan urine.

Minggu ke-21 atau usia kehamilan 5 bulan pada umumnya calon bayi memiliki berat 0,33 kilogram dan panjang 21,5 cm. Saat usia kehamilan 5 bulan, janin anda telah siap menjadi bayi yang siap untuk dilahirkan.

Beberapa perkembangan janin saat usia kehamilan 5 bulan :


  1. Kelopak mata bayi sudah selesai terbentuk.
  2. Untuk bayi wanita, vagina bayi telah terbentuk hingga masa kelahiran.
  3. Pergerakan bayi semakin terasa.
  4. Berat atau bobot bayi akan lebih berat dari plasenta.
  5. Meskipun paru-paru bayi belum berfungsi dengan baik, akan tetapi pada usia kehamilan 5 bulan ini bayi sudah memperoleh oksigen dari ibu.
  6. Bulu-bulu halus pada bayi yang disebut lanugo yang menyelimuti tubuh bayi, akan menghilang sebelum bayi lahir.
  7. Kulitnya akan tetap keriput, ini dikarenakan bayi belum memiliki berat yang cukup.
  8. Pendengaran bayi akan makin sempurna.
  9. Otaknya berkembang dengan cepat


Sebagai ibu yang tengah mengandung dan penasaran apa yang telah terjadi pada kandungan. Selain itu, biasanya berat badan ibu akan bertambah 5-7 kilogram pada bulan tersebut. Pada usia kehamilan 5 bulan ini banyak ibu yang mengandung merasa lebih nyaman, karena rasa mual dan muntah tidak terjadi lagi. Bukan hanya itu saja, beberapa perubahan tubuh ibu hamil akan sangat terlihat, mulai dari berat badan, kaki yang membengkak dan beberapa stretch mark pada perut, payudara dan paha.

Itulah informasi tentang tumbuh kembang janin di usia kehamilan 5 bulan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadi bahan referensi untuk anda, agar bisa memantau tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Dengan begitu, bayi anda akan selalu sehat dan terjaga.

Related Posts