5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan tanpa Obat Kimia

shares |

Radang tenggorokan merupakan gangguan pernafasan yang sangat menyiksa. Radang tenggorokan bukan sekedar pembengkakan amandel saja tapi juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada tenggorokan. Radang tenggorokan harus diatasi segera karena jika lama-kelamaan dibiarkan, maka dapat merusak pita suara. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara mengobati radang tenggorokan secara alami ini sangat praktis dan juga bisa cepat meredakan radang tenggorokan dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia.
mengobati radang tenggorokan secara alami
Jeruk dan kunyit
Cara mengobati radang tenggorokan secara alami tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu penyebab radang tenggorokan yaitu karena terlalu banyak bersuara lantang sehingga membuat tenggorokan menjadi kering, bisa jadi radang tenggorokan muncul karena kurang istirahat. Oleh karena itu, jangan hanya menyembuhkannya saja, tapi Anda juga perlu untuk mencegahnya dengan menjaga kesehatan. Jika perlu, minum vitamin setiap hari.

Obat alami radang tenggorokan untuk semua kalangan

Obat alami radang tenggorokan sangat banyak. Berikut hanya akan dijelaskan beberapa saja yang ampuh dan mudah untuk dicari dan di konsumsi.

Jeruk hangat

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang pertama yaitu dengan menggunakan jeruk hangat. Jeruk hangat yang dimaksud disini yaitu bukan jeruk yang dihangatkan tapi jeruk yang dibuat minuman dan diseduh dengan menggunakan air panas. Minuman jeruk hangat bisa meredakan radang tenggorokan dengan cepat dan memberikan kelegaan pada tenggorokan. Kandungan vitamin C pada jeruk membantu penyembuhan radang tenggorokan dan juga membantu pemenuhan vitamin C dalam tubuh. baca juga : 8 manfaat buah jeruk bagi kesehatan

Air putih hangat dan garam

Untuk mengatasi radang tenggorokan juga bisa menggunakan air putih hangat yang dicampur dengan garam dapur. Penggunaan obat ini disarankan jika memang radang yang diderita tidak kunjung sembuh. Meminum campuran air garam ini bisa membuat tenggorokan menjadi lebih plong dan rasa sakit bisa teratasi dengan cepat.

Kunyit dan garam

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan campuran kunyit dan garam. Kunyit yang merupakan salah satu rempah-rempah ini juga dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan. Cara menggunakannya mudah, kunyit yang sudah dibakar diparut kemudian ambil airnya dan campur dengan sedikit gram. Minum ramuan ini dua kali sehari.

Teh hangat

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang tidak kalah ampuhnya yaitu dengan menggunakan teh hangat. Teh bisa meredakan sakit ada tenggorokan dan juga bisa melegakan tenggorokan yang sakit. Lebih manjur lagi jika menggunakan teh chamomile.

Sup ayam

Obat alami radang tenggorokan terakhir yang dipersembahkan oleh www.tipsehat.info adalah sup ayam. Sup ayam atau sop ayam merupakan obat paling mujarab untuk mengatasi radang tenggorokan. Sup ayam yang dikonsumsi dalam keadaan hangat bisa melegakan tenggorokan yang kering. Tidak hanya itu saja sup ayam bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi dan dapat membantu menambah kekebalan dalam tubuh yang aka mempercepat kesembuhan radang tenggorokan.

Related Posts