Daftar Sayuran Untuk Bayi Yang Menyehatkan

shares |

Sayuran sehat untuk bayi. Sayuran merupakan bahan pangan yang tersebar di seluruh nusantara, dan menjadi menu makan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Nama sayuran merupakan sebutan bagi bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang mengandung kadar air yang tinggi. Sayuran sering dikonsumsi saat masih segar atau setelah diolah menjadi masakan. Setiap sayuran memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, dan pada umumnya sayuran mengandung protein, vitamin, zat antioksidan, dan masih banyak kandungan lainnya.
sayuran yang bagus untuk bayi
Sayuran untuk bayi dan balita
Kandungan nutrisi yang banyak dan bermanfaat, menjadikan sayuran sebagai salah satu menu makanan yang wajib disajikan untuk bayi. Bayi membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk membantu tumbuh kembang dan menurunkan resiko penyakit.

Manfaat sayuran untuk bayi adalah sebagai berikut


  • Kandungan vitamin dan mineral pada sayuran dapat meningkatkan pertumbuhan sela dan membangun jaringan tubuh.
  • Memiliki zat-zat yang dapat mencegah dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.
  • Dengan mengkonsumsi sayuran, maka bayi akan terhindar dari dehidrasi karena di dalam sayuran terkandung banyak cairan.
  • Dapat membantu mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan, karena sayuran memiliki zat yang rendah kalori dan rendah lemak.
  • Membantu metabolisme dan mencegah sembelit, karena sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi.

Daftar sayuran sehat untuk bayi :

1. Seledri

Orang dewasa memanfaatkan daun seledri sebagai penambah cita rasa makanan, seperti pembuatan sup. Sayuran sehat untuk bayi ini juga dapat dicampurkan ke dalam bubur bayi atau nasi tim bayi. Seledri memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang bayi, dan juga dapat membantu pertumbuhan tulang secara normal.

2. Bayam

Sayur bayam sering sekali dijadikan sebagai menu sehat untuk bayi. Bayam dipercaya dapat membantu perkembangan otak bayi, karena bayam kaya akan vitamin (vitamin A, B, dan C), mangan, asam folat, fosfor, kalsium, mineral, dan zat besi. Manfaat lain dari sayuran sehat untuk bayi ini adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi, mengurangi resiko sembelit pada bayi, dan menjaga kesehatan mata.

3. Labu siam

Labu siam dapat dijadikan sebagai bubur atau jus yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Labu siam kaya akan fosfor dan juga kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Anda bisa memberikan sayuran sehat untuk bayi ini setiap hari dengan berbagai varian menu.

4. Wortel

Sayuran wortel sering sekali dijadikan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan makanan bayi, karena sayuran sehat untuk bayi ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi dan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh bayi. Wortel dapat membantu tumbuh kembang bayi dan menjaga kesehatan (menurunkan resiko alergi pada bayi).

5. Brokoli

Sayuran sehat untuk bayi yang hidup didaerah dingin ini, mengandung zat yang kaya akan kalsium dan asam folat. Selain itu kandungan sulforatan pada brokoli menjadi zat antioksidan yang paling ampuh. Kandungan serat pada brokoli dapat melancarkan si buah hati dalam buah air besar.
Semoga bermanfaat.

Related Posts