Faktor Penyebab Keputihan Pada Saat Hamil

shares |

Penyebab keputihan saat hamil. Menstruasi menjadi hal biasa bagi wanita subur setiap bulannya. Selain menstruasi, keputihan pada wanita juga terjadi silih berganti dengan menstruasi. Keputihan menjadi hal wajar bagi wanita, akan tetapi ada beberapa keputihan yang harus diwaspadai oleh para wanita. Seperti keputihan berbau, cairannya lengket, berwarna kuning kehijauan terkadang bercampur darah, menimbulkan rasa gatal pada organ kewanitaan dan nyeri dan panas saat anda buang air kecil. Saat keputihan tersebut terjadi, maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Apalagi jika keputihan tersebut terjadi saat hamil.
faktor penyebab keputihan saat hamil
Keputihan saat hamil

Hormon Penyebab keputihan

Ibu hamil mengeluarkan berbagai hormon dalam tubuh, dan beberapa perubahan. Perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu hamil harus selalu diperhatikan, karena perubahan pada ibu hamil ada yang bersifat baik dan buruk. Biasanya akibat perubahan hormon pada ibu hamil, akan ada banyak cairan yang keluar dari vagina, yaitu keputihan. Keputihan saat hamil yang berlebihan dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin, ini arena ada banyak jenis keputihan yang berbeda-beda.
Untuk itu, bagi anda wanita yang sedang hamil, akan sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab keputihan saat hamil. Keputihan saat hamil disebut normal jika cairan yang keluar dari bagian organ intim wanita berwarna bening, tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa nyeri. Kurang terjaganya organ intim pada ibu hamil dapat menjadi penyebab keputihan saat hamil yang berbau, warnanya kekuning-kuningan, terasa gatal, nyeri dan terkadang organ intim akan berwarna merah. Dengan ciri-ciri seperti itu, ibu hamil harus berhati-hati.

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan organ intim tidak hanya dilakukan oleh ibu hamil, akan tetapi dilakukan oleh semua orang. Adanya infeksi kuman penyakit atau adanya gangguan kehamilan, jamur dan parasit juga menjadi penyebab keputihan saat kehamilan. Selain itu, ada juga bakteri jenis bakteriosis vaginalis, bakteri ini akan menimbulkan cairan vagina abu-abu, berbau, nyeri pada vagina. Ada pula yang mengakibatkan kutil pada organ intim wanita, yaitu human pailoma.
Jika ibu hamil mengalami keputihan seperti yang dipaparkan di atas, sebaiknya ibu hamil segera periksakan kepada dokter. Agar masalah tersebut bisa segera diatasi dan ditangani dengan bena. Biasanya dokter akan memberikan solusi dan obat untuk menangani keputihan saat hamil tersebut. Ibu hamil sangat rentan terhadap obat-obatan yang tidak jarang mengakibatkan keracunan, jadi ibu hamil hendaklah mengkonsumsi obat sesuai dengan resep dokter.

Mencegah keputihan saat hamil

Kondisi badan ibu hamil yang sering naik turun membuat ibu hamil harus sering mengecek keadaan kandungan dan kesehatan pada dokter, agar segala sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi. Untuk mencegah keputihan saat hamil terjadi, anda harus dengan rajin membersihkan organ intim.
Itulah beberapa penyebab keputihan saat hamil yang harus anda hindari. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang apa saja yang menyebabkan keputihan saat hamil. Sehingga anda bisa sejak dini mencegahnya.

Related Posts