4 Bahan Ampuh untuk Mengobati Luka Bakar Secara Alami

shares |

Luka bakar mungkin akan tampak keren jika terjadi pada pria, namun hal tersebut akan berlaku sebalikya jika terjadi pada wanita. Ya, para wanita cenderung akan merasa kurang percaya diri jika terdapat luka bakar pada kulitnya, khususnya di bagian kulit yang terbuka. Apakah anda memiliki luka bakar? Anda tidak perlu lagi khawatir, karena banyak cara alami yang bisa ditempuh untuk mengatasinya. Lalu apa saja cara alami mengobati luka bakar? Dari sekian metode yang bertebaran di internet, kami telah merangkum beberapa cara yang paling ampuh. Selengkapnya bisa anda simak di bawah ini.
Mengobati Luka Bakar Secara Alami
Luka Bakar

Mengobati Menggunakan Madu

Madu memang sudah dikenal sebagai bahan alami yang mampu mengobati berbagai penyakit, tak terkecuali luka bakar. Hal tersebut tentu saja dikarenakan zat antiseptic yang terkandung di dalamnya. Dengan menggunakan madu, luka bakar ringan seperti terkena minyak panas dan knalpot bisa diobati dan dihilangkan dalam waktu yang relatif singkat. Penggunaannya sangat mudah yaitu dengan cara mengoleskan madu pada area luka bakar. Walaupun terbukti memberi hasil yang cepat, namun hasil tersebut tidak akan pernah terwujud jika anda tidak menerapkannya secara rutin. Maka dari itu anda harus membuat jadwal yang rutin dan berkala supaya proses penyembuhan berjalan cepat dan lancar.


Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam bidang kesehatan dan kecantikan, khususnya untuk mengobati luka bakar secara permanen. Getah lidah buaya akan meringankan sensasi terbakar pada kulit, dan menghilangkan bekas luka sampai ke akarnya. Caranya sangat sederhana, anda hanya perlu mengambil getah lidah buaya untuk dioleskan pada area kulit yang terbakar. Umumnya cara ini membutuhkan rutinitas minimal dua kali sehari dan baru akan menuai hasil pada minggu kedua.

Menggunakan Kulit Pisang

Kebanyakan orang biasanya hanya memakan pisang dan langsung membuang kulitnya karena dianggap tidak bermanfaat. Padahal faktanya kulit pisang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk mengobati luka bakar. Bagaimana caranya? Cukup oleskan kulit pisang pada area terbakar, lakukan proses tersebut hingga warna kulit pisang berubah menjadi hitam. Hal ini bertujuan supaya zat-zat alami yang ada dalam kulit pisang mampu menyerap secara maksimal pada kulit sehingga luka bakar bisa segera hilang secara permanen.

Mengobati Luka Bakar dengan Menggunakan Cuka

Cuka adalah senyawa organik yang sangat efektif untuk mengatasi luka bakar. Selain murah dan ekonomis, pengguanaannya pun sangat mudah karena anda hanya perlu mencelupkan kapas pada cuka lalu mengoleskannya pada area luka bakar. Pada awalnya mungkin cuka akan memberi sensasi perih, namun hal tersebut tidak akan bertahan lama dan justru akan meringankan sensasi terbakar dikemudian hari.
Mengobati Luka Bakar dengan Cuka
Mengobati Luka Bakar, sumber gambar webmd.com


Itulah beberapa cara alami mengobati luka bakar yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber, dan kami rangkum menjadi lebih rinci supaya mudah untuk dipraktekan. Mesk cara-cara di atas sudah terbukti mampu mengobati luka bakar, namun kami tidak menjamin seratus persen bahwa cara tersebut akan berhasil pada diri anda. Kenapa? Karena hasil yang didapat juga akan dipengaruhi oleh komitmen anda dalam mempraktekan langkahnya, dan dipengaruhi pula oleh tingkat luka bakar pada kulit anda. Maka dari itu anda harus mengetahui seberapa parah luka bakar yang anda derita dan memiliki niat yang sungguh-sungguh dalam mempraktekan langkah pengobatan di atas. Jika luka bakar anda tidak kunjung hilang, maka kami sarankan untuk berkonsultasi pada dokter guna mendapat pengobatan lebih lanjut. Sekian rangkuman tentang cara alami mengobati luka bakar, semoga bermanfaat.

Related Posts