Khasiat dan Manfaat Gula Merah Atau Gula Aren yang Wajib anda Tahu

shares |

Gula merah atau disebut juga gula aren atau gula jawa biasanya digunakan sebagai pemanis dan pelengkap makanan, namun ternyata dapat pula dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Hal ini tentu saja belum diketahui oleh banyak orang dan masih kurang tersosialisasi dengan baik. Jika anda belum mengetahui manfaatnya secara detail, maka anda tidak bisa memanfaatkannya secara maksimal dan hanya menggunakan gula aren sebagai kebutuhan dapur. Jangan sampai anda melewatkan kesempatan untuk mendapat khasiat dari gula merah, maka dari itu anda harus menyimak ulasan yang telah kami rangkum. Ulasan ini akan secara eksklusif membahas manfaat gula merah atau gula aren untuk kesehatan. Selamat menyimak!
khasiat dan manfaat gula merah
Gula merah

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Mengobati Sakit Perut

Sakit perut biasanya terjadi akibat mengonsumsi makanan sembarangan, namun bisa pula disebabkan oleh beberapa faktor lain. Rasa sakit yang terus menerus tentu saja akan menganggu diri anda, sehingga harus segera ditangani dengan baik. Sebelum pergi ke dokter, tidak ada salahnya anda mencoba gula aren sebagai pengobatan alami. Ya, gula aren akan membantu meringankan rasa sakit dan menyembuhkannya secara total. Cukup campurkan sedikit gula merah pada air hangat, aduk hingga merata lalu minum. Sangat disarankan untuk menjalankan rutinitas tersebut minimal dua kali sehari sampai sakit perut seratus persen terpulihkan.

Mengatasi Anemia

Anemia bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering terjadi pada wanita khususnya saat fase datang bulan. Untuk mengatasinya, anda bisa menempuh cara sederhana yaitu memanfaatkan gula aren yang telah dicampur dengan air hangat. Kenapa gula merah bisa mengatasi anemia? Jawabannya tentu saja karena gula jawa sangat kaya akan zat besi yang akan berperan dalam mengatasi masalah tersebut.

Menjaga Kesehatan Kulit

Fakta ini tentu saja belum diketahui oleh banyak orang karena kurangnya sosialiasi. Ya, jarang sekali orang yang mengetahui bahwa gula jawa bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit supaya tetap bersih dan bersinar. Gula aren juga mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Anda hanya membutuhkan sedikit gula merah yang telah dicampur dengan kunyit, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Sangat disarankan untuk memakai masker tersebut pada malam hari sebelum tidur supaya hasil yang di dapat lebih maksimal.

Aman dikonsumsi Penderita Diabetes

Gula merah dengan rasa manis yang tidak kalah lezatnya memiliki kadar indeks glisemik 35 dan termasuk rendah. Sehingga penyerapan glukosa dari gula aren oleh tubuh berjalan lambat dan kerja dari pankreas tidak terlalu berat. Itulah kenapa gula jawa aman di konsumsi oleh penderita diabetes mellitus.
Baca juga : Manfaat kulit buah salak untuk penderita diabetes

Itulah beberapa tips kesehatan manfaat gula merah yang perlu anda ketahui. Tanpa pengetahuan tersebut, anda tentu saja tidak bisa memanfaatkan gula aren secara maksimal karena tidak mengetahui fungsinya secara rinci. Maka dari itu anda sangat perlu menyimak ulasan di atas secara mendalam dan komprehensif. Sekian ulasan dari kami tentang manfaat gula jawa untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Related Posts