5 Manfaat Daun Adas dan Biji Adas Untuk Kesehatan

shares |

Adas mempunyai nama latin Foeniculum vulgare Miller ada juga sebagian yang menyebut jintan atau adas pulosari. Banyak manfaat dari biji dan daun adas yang biasanya digunakan sebagai penyegar mulut, makanan penutup, pasta gigi, antasida dan berbagai aplikasi kuliner. Adas mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya untuk mengatasi anemia, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, gangguan menstruasi serta perawatan mata. Adas juga dapat digunakan dalam bentuk minyak esensial sebagai stimulan untuk merangsang sekresi pencernaan dan asam lambung. Selain yang sudah disebut diatas. Ada beberapa manfaat lain dari adas ini yaitu:
manfaat adas, manfaat biji adas, manfaat daun adas

5. Mencegah penyakit Jantung

Adas merupakan sumber serat yang membantu menjaga kadar kolesterol sehat dalam aliran darah. Kolesterol merupakan faktor utama dalam penyakit jantung, artherosclerosis dan stroke .

4. Kanker

 Kandungan ekstrak dari daun adas tidak hanya menghambat pertumbuhan tumor tapi juga sebagai pelindung radiasi kemoterapi selama pengobatan kanker. Ini terjadi karena adas mengandung konsentrasi yang flavonoid, alkaloid dan fenol yang menjadi pencegahan berbagai kanker payudara dan kanker hati.

3. Menjaga Tekanan Darah

Biji das kaya akan potasium salah satunya adalah kalium berfungsi sebagai vasodilator, yang dapat mengendurkan ketegangan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah. Tekanan darah tinggi dihubungkan ke berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan artherosclerosis . Untuk pasien diabetes, masalah tekanan darah dapat membuat pengelolaan insulin dan kadar glukosa sangat sulit dan menjadi penyebab komplikasi yang berpotensi mematikan. Secangkir adas manis dalam diet harian Anda akan memompa Anda penuh kalium dan semua manfaat yang datang bersama dengan itu.


2. Meningkatkan Fungsi Otak

 Kalium kadar tinggi dalam biji adas adalah elektrolit yang memfasilitasi peningkatan konduksi listrik di seluruh tubuh. Potassium dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan kognitif yang berarti lebih banyak oksigen mencapai otak sehingga aktivitas saraf dapat bekerja pada fungsi yang optimal .

1. Menjaga Sistem kekebalan

Vitamin C pada adas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memproduksi dan memperbaiki jaringan kulit, membantu pembentukan kolagen dan melindungi dinding pembuluh darah sebagai antioksidan efek berbahaya dari radikal bebas yang sering dapat menyebabkan penyakit jantung !


Itulah 5 tips kesehatan khasiat dari daun adas dan biji adas. Meskipun adas memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, perhatikan dosis penggunaan adas. Efek samping kelebihan penggunaan adas dapat menyebabkan kesulitan bernapas, peningkatan palpitasi, detak jantung tidak teratur dan berbagai masalah saraf. Jika terdapat gejala demikian segera kurangi konsumsi daun dan biji adas.

Related Posts