Ternyata Kulit Keriput dan Penuaan Dini Bisa Ditunda Lho

shares |

Kulit Keriput dan Penuaan Dini

Kulit keriput dan penuaan dini adalah masalah yang sangat penting terutama bagi wanita. Seiring dengan perkembangan jaman maka penyebab kulit keriput dan penuaan dini bukan cuma faktor usia namun juga banyak faktor lain yang berasal dari luar tubuh kita yaitu faktor eksternal.
Silahkan mengikuti paparan ringkas pada artikel ini untuk memahami apa saja yang merupakan faktor eksternal yang menjadi penyebab kulit keriput dan penuaan dini serta bagaimana mengatasinya.

Kulit Keriput dan Penuaan Dini: Faktor Eksternal Sebagai Penyebab

1. Stres.
Jangan biarkan diri anda larut dalam stres. Anda harus bisa mengelola stres pada diri anda. Macam-macam efek sebagai akibat dari stres bisa terjadi pada tubuh kita, yaitu: dorongan ingin makan terus, tidak mau makan, perut mual, ingin muntah, kulit wajah dari dahi, pipi dan bibir berkerut-kerut karena marah, dan lain-lain.

2. Kurang olah raga.
Olah raga yang dilakukan dengan porsi dan cara yang benar serta rutin akan memberikan efek positif bagi kesehatan kita secara umum. Efek positif ini termasuk bagi kesehatan kulit kita.

3. Kurang gizi.
Gizi sangat mutlak diperlukan bagi tubuh manusia yaitu untuk:
  • Membentuk sel-sel tubuh yang baru untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Hal ini termasuk membentuk sel-sel kulit yang baru.
  • Sumber energi untuk menjalankan segaka aktifitas.

4. Kurang istirahat.
Hal ini berkaitan dengan poin no.3 di atas tentang pembentukan sel-sel tubuh yang baru. Selain membutuhkan gizi yang baik, proses pembentukan sel-sel baru juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup supaya proses pembentukan sel-sel baru tersebut bisa sempurna. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa jumlah waktu istirahat yang cukup bagi kita adalah sekitar 6 – 8 jam sehari.

5. Merokok.
Kebiasaan yang buruk bagi kesehatan ini bisa mengurangi zat gizi yang diperlukan tubuh, salh satunya adalah vitamin C yang mana hal ini bisa mengakibatkan tumbuhnya garis-garis kerutan di sekitar bibir dan pipi.

6. Penggunaan kosmetik.
Jika anda menggunakan kosmetik secara terus menerus maka ada kemungkinan pengeluaran racun lewat pori-pori bisa terhambat. Hal ini berakibat penumpukan racun di kulit yang menimbulkan penuaan dini pada kulit anda.

7. Sinar UVA dan UVB
Paparan sinar UVA dan UVB yang terdapat pada sinar matahari yang semakin intensif akibat tipisnya lapisan ozon bisa membahayakan kesehatan kulit. Kulit anda bisa keriput akibat dari paparan sinar UVA dan terbakar akibat paparan sinar UVB.

Kulit Keriput dan Penuaan Dini: Tips Mengatasinya

1. Kelola stres.
Ibadah adalah hal terbaik untuk menghilangkan stres serta menyegarkan pikiran untuk memulai pekerjaan lagi. Hal ini dalam kasus jika stres terlanjur hinggap pada pikiran anda.

Namun jika stres belum datang maka anda bisa mengelolanya dengan mengatur irama kerja anda sebaik mungkin sehingga pekerjaan tidak terlanjur menumpuk yang sangat rawan menimbulkan stres.

2. Olah raga.
Olah raga secara rutin yang dilakukan dengan cara yang benar serta dengan porsi yang sesuai usia anda akan mampu membuat tubuh anda sehat secara keseluruhan termasuk pada organ kulit.

3. Cukup gizi.
Jagalah asupan makanan anda sehingga tubuh anda terjamin mendapat asupan gizi yang cukup dan seimbang. Gizi yang seimbang adalah termasuk vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak dan zat penting lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel-sel tubuh baru termasuk sel kulit baru.

4. Istirahat.
Tubuh kita perlu istirahat. Pada saat istirahat inilah tubuh kita bisa melakukan pembentukan sel-sel tubuh yang baru dengan sempurna. Ada perbedaan pendapat tentang jumlah waktu istirahat yang cukup. Namun pendapat yang paling banyak ditemui yaitu 6-8 jam sehari adalah jumlah waktu istirahat yang cukup.

5. Jangan merokok sama sekali.
Merokok adalah kegiatan yang tidak ada manfaatnya sama sekali untuk kehidupan kita. Pada rokok terkandung banyak sekali zat-zat berbahaya bahkan lebih berbahaya daripada asap knalpot kendaraan bermotor.

Dengan fakta ini apakah rokok tidak membahayakan kesehatan kita? Lalu bagaimana dengan kesehatan organ tubuh yang langsung terpapar asap rokok yaitu mulut, bibir, kulit wajah, jari tangan serta saluran pernapasan?

Hati-hati, merokok bisa mengurangi kadar vitamin C yang sudah ada pada tubuh anda!

6. Atur penggunaan kosmetik.
Aturlah penggunaan kosmetik sehingga kulit wajah anda memiliki waktu yang cukup untuk sekedar “bernapas”. Pada saat tanpa kosmetik rawatlah wajah anda sebaik mungkin sesuai dengan jenis kulit anda.

Sangat dianjurkan untuk konsultasi ke dokter spesialis kulit sub spesialis kecantikan untuk mendapat saran yang benar demi kesehatan kulit anda.

7. Gunakan pelembab.
Pelembab serta tabir surya adalah wajib anda gunakan setiap saat anda melakukan kegiatan di luar ruangan. Pastikan anda benar memilih produk tabir surya yang mampu mengurangi resiko dari UVA dan UVB. Kemudian, kaca UV filter juga sangat disarankan penggunaannya jika anda menggunakan mobil.

Artikel singkat ini dimaksudkan supaya anda lebih peduli terhadap kesehatan kulit anda terutama masalah kulit keriput dan penuaan dini. Pahami faktor eksternal apa saja yang berperan dalam masalah ini. Dan juga jangan lupa untuk menerapkan tips-tips di atas tersebut untuk mengatasi kulit keriput dan penuaan dini. Terimakasih telah membaca artikel dari tipsehat.info jangan lupa untuk share atau bagikan agar teman-teman dan saudara anda semua bisa mengetahui informasi cara menunda penuaan ini.

Related Posts