Inilah Daftar Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

shares |

Tipsehat.info - Tulang memiliki peran yang sangat penting dalam aktivitas sehari-sehari sehingga kesehatannya harus dijaga dan diperhatikan dengan baik. Tanpa tulang yang sehat, anda akan kesulitan dalam beraktivitas karena terbatasnya ruang gerak. Ya, orang yang bermasalah dengan tulang cenderung kesulitan dalam bergerak sehingga akan berdampak fatal pada aktivitas, atau bahkan bisa melumpuhkan aktivitas secara total. Jangan sampai hal buruk tersebut terjadi pada anda, maka dari itu anda harus mulai membiasakan diri untuk menjaga kesehatan tulang. Bagaimana caranya? Tentu saja banya langkah yang bisa ditempuh, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan tulang. Ya, terdapat jenis makanan khusus yang akan berperan aktif dalam menjaga tulang supaya tetap kuat dan sehat. Apa saja makanan tersebut? Silahkan simak rangkumannya di bawah ini.
Susu untuk kesehatan tulang

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Susu
Anda harus minum susu secara rutin jika ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat. Susu memiliki dua kandungan penting yang berfungsi untuk menunjang kesehatan tulang, yaitu kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan tersebut akan menopang satu sama lain. Ya, kalsium akan mudah terserap oleh tulang jika ditunjang dengan asupan vitamin D yang cukup. Disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak supaya berat badan tetap terkontrol dengan baik.

Keju
Penelitian menunjukkan fakta bahwa dalam setiap satu ons keju terdapat 200 ml kalsium. Kandungan tersebut tentu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kalisum pada tulang. Meski pada dasarnya semua jenis keju sangat baik untuk kesehatan tulang, namun lebih direkomendasikan untuk mengonsumsi keju yang diproses menggunakan enzim ketimbang keju yang diproses menggunakan asam.

Telur
Makanan yang satu ini memang bisa dibeli dengan harga murah, namun ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tulang. Telur adalah salah satu sumber vitamin D yang akan berperan efektif dalam menjaga kesehatan tulang dan menghindari penyakit osteoporosis. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian, anda hanya perlu mengonsumsi telur dua hari sekali.

Bayam
Kabar baik bagi anda yang sangat suka mengonsumsi bayam, karena sayuran tersebut diketahui dapat menyehatkan tulang sehingga tetap kuat dan bekerja secara optimal. Bayam mengandung 25% vitamin D, yang mana kandungan tersebut sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan tulang. Secara garis besar, semua makanan tersebut memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk tulang supaya tetap sehat dan kuat. Dengan demikian, konsumsi yang rutin akan memberi dampak positif pada tulang hingga jangka panjang. Beberapa makanan di atas tentu saja tidak hanya berfungsi menjaga kesehatan tulang, namun bisa pula dimanfaatkan untuk mengobati penyakit tulang. Sekian ulasan dari kami dan semoga bermanfaat.

Related Posts