Cara Aman Mengatasi Obesitas Pada Anak-anak

shares |

Obesitas pada anak adalah salah satu jenis penyakit berbahaya dan bisa menyebabkan kematian dini pada buah hati yang anda sayang. Ya, sudah banyak anak yang harus kehilangan nyawa karena penyakit obesitas, dan penderita penyakit tersebut semakin hari semakin banyak tak terkecuali anak-anak. Jangan sampai anak anda mengalami penyakit mematikan tersebut, maka dari itu anda harus mulai mencari cara untuk mencegah atau mengatasi obesitas pada anak. Apa saja langkahnya? Anda tidak perlu mencari infonya ke sana kemari, karena kami telah menyediakan ulasannya secara lengkap. Ulasan yang kami bahas terfokus pada pembahasan mengenai cara mengatasi obesitas pada anak dan permasalahannya. Selengkapnya di bawah ini.
cara mengatasi obesitas pada anak
Obesitas pada anak, gambar dari www.foodfactsindex.com

Memilih Makanan Sehat

Untuk menghindari obesitas pada anak, anda harus memberi makanan yang sehat pada anak anda. Ya, obesitas biasanya diawali dengan pola makan yang tidak sehat dan cenderung sembarangan. Maka dari itu anda harus membiasakan anak anda untuk mengonsumsi jenis makanan sehat seperti daging rendah lemak, susu rendah lemak, sayuran, dan buah-buahan. Adapun beberapa jenis makanan yang harus dihindari diantaranya snack, junk food, mie instan, dan jenis makanan lain yang mengandung lemak tinggi.
Daging rendah lemak
Daging rendah lemak, sumber gambar www.wisegeek.com

Sarapan Pagi

Meski tampak sepele, namun faktanya sarapan pagi sangatlah penting untuk kesehatan secara menyeluruh, dan akan berperan pula pada masalah obesitas. Ya, dengan memberi sarapan pagi secara rutin, anda bisa mengontrol asupan gizi sang buah hati sehingga akan terhindar dari masalah obesitas.
Menu sehat sarapan pagi
Menu sarapan pagi sumber gambar www.newportcreamery.com

Ganti Kebiasaan Memasak

Jika biasanya anda memasak dengan cara digoreng, maka sebaiknya segeralah beralih pada cara dikukus atau direbus. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memakan makanan hasil direbus atau dikukus akan memiliki potensi lebih rendah terkena obesitas. Namun anda harus tetap memperhatikan cita rasa makanan supaya anak anda tidak merasa bosan terhadap makanan tersebut.
memasak dengan cara direbus
Rebusan telur, sumber gambar www.express.co.uk

Hindari Kebiasaan Makan Sebelum Tidur

Jika anak anda terbiasa makan sesaat sebelum tidur, sebaiknya segeralah hentikan kebiasaan tersebut karena akan berpotensi menimbulkan obesitas. Sebaliknya, berilah mereka konsumsi buah dan susu sebagai penahan lapar.

Atur Waktu Bermain Game

Anak-anak biasanya sangat suka menghabiskan waktu untuk bermain game. Hal tersebut tentu saja tidak bisa dihindari, dan anda tidak bisa melarangnya karena akan berdampak buruk pada psikologis si anak. Namun yang perlu anda lakukan adalah membatasi atau mengontrol waktu bermain game anak anda supaya tidak terlalu keasyikan dan lupa waktu. Terlalu lama bermain game akan membuat si anak kurang bergerak dan hal tersebut berpotensi menimbulkan obesitas.

Itulah beberapa cara mengatasi obesitas pada anak yang bisa diaplikasikan dengan mudah tanpa mebutuhkan panduan dokter atau ahli. Tentu saja kami tidak sembarangan karena dikumpulkan dari berbagai sumber terpercaya yang bergerak dalam bidang kesehatan khususnya mengenai masalah obesitas. Cara-cara di atas didukung pula oleh penelitian ilmiah dan telah direkomendasikan langsung oleh ahli kesehatan. Dalam penerapannya, konsistensi anda sangatlah dibutuhkan, karena tanpa kosistensi semuanya akan berakhir dengan sia-sia. Sekian rangkuman dari kami tentang cara mengatasi obesitas pada anak, semoga bermanfaat.

Related Posts