3 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Sehat dan Alami

shares |

Gigi putih berperan penting dalam kehidupan sosial kita karena pada saat kita berbicara secara langsung atau saat kita tersenyum maka gigi akan berperan besar. Karena itu mayoritas orang ingin memiliki gigi putih karena mereka ingin tampil percaya diri dengan senyum cemerlang serta nafas yang segar. Gigi putih menjadi simbol dari kebersihan dan kesehatan diri mereka. Sebaliknya, orang-orang akan menghindari berbicara dengan orang bergigi kuning karena terlihat jorok dan tercium bau tidak sedap dari nafasnya.
Cara memutihkan gigi secara alami
Gigi putih dan sehat

Kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dapat menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning. Demikian pula minum kopi bisa mengubah warna gigi yang putih menjadi kuning. Jika minum dalam takaran yang wajar, minum kopi baik-baik saja bagi kesehatan namun harus rajin menggosok gigi setaip selesai minum kopi untuk menghindari warna gigi terlanjur menguning.

Pada kopi terdapat kandungan zat yang bernama kafein yang mampu mengubah warna gigi yang putih menjadi kuning secara perlahan. Namun kandungan nikotin pada rokok lebih parah efek buruknya terhadap gigi dibandingkan kafein dari kopi. Bukan hanya membuat gigi menjadi berwarna kuning, nikotin mampu memicu kerusakan lebih lanjut pada gigi dari para penghisap rokok.
Jika pada gigi sudah terlanjur terbentuk plak atau bahkan karang gigi maka anda harus ke dokter gigi untuk menghilangkan plak dan karang gigi tersebut dalam upaya mendapatkan gigi yang kembali berwarna putih. Pada gigi timbul plak dan bahkan menjadi karang gigi karena pemiliknya tidak rajin menggosoknya.

Gigi Putih dan Sehat, Ini Tipsnya

Jika anda menginginkan gigi anda menjadi putih dan kuat, gusi anda menjadi sehat serta terbebas dari bau mulut tak sedap maka silahkan ikuti tips-tips berikut ini:

1. Gosoklah gigi anda secara rutin setiap hari pada pagi hari dan ketika akan tidur malam. Hal ini akan membuat gigi anda menjadi putih dan kuat, membuat gusi menjadi sehat dan membunuh kuman-kuman di mulut sehingga nafas menjadi segar terbebas dari bau mulut yang tidak sedap.

2. Manfaatkan obat kumur yang banyak dijual bebas di apotek atau toko-toko obat. Obat kumur mampu membantu membunuh kuman serta menghilangkan plak dan karang gigi secara perlahan. Namun anda harus rutin dan bersabar dalam menggunakan obat kumur karena anda tidak bisa mengharapkan hasil instant yaitu plak dan karang gigi hilang dalam waktu singkat. Untuk keamanan pemakaian dalam jangka panjang anda sebaiknya memilih obat kumur berbahan herbal.

3. Membatasi makanan manis adalah tindakan yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan anda, tidak hanya bagi kesehatan gigi namun juga untuk mencegah penyakit diabetes mellitus (kencing manis) hinggap di tubuh anda.

Sisa makanan manis yang melekat di gigi akan mengundang banyak kuman untuk tinggal di dalam mulut khususnya di permukaan gigi. Sisa makanan manis akan diuraikan oleh kuman. Salah satu hasil penguraian ini bersifat asam dan merusak permukaan gigi yang mengakibatkan gigi mudah berlubang.

Anda pasti akan merasa lebih percaya diri pada saat berkomunikasi dengan orang lain jika anda memiliki gigi putih dan kuat, gusi yang sehat serta nafas segar yang bebas dari bau mulut tak sedap. Karena itu, lakukan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung kesehatan gigi dan mulut anda dan dapatkan selalu gigi putih dan sehat idaman anda.

Related Posts