Tidur Anda Tidak Nyenyak? Tips Berikut Ini Bisa Membantu Anda

shares |

Jika anda termasuk orang-orang yang tidak bisa tidur nyenyak maka ikutilah uraian sederhana namun padat informasi ini supaya kualitas tidur anda bisa membaik. Banyak penelitian telah menghasilkan fakta bahwa beberapa akibat tidak sehat terdapat pada orang-orang yang kurang tidur. Beberapa akibat itu adalah mudah lesu bahkan mengarah pada resiko serangan jantung.
cara tidur nyenyak
Ada beberapa hal yang ditemukan oleh para peneliti yang menjadi sebab para relawan sulit tidur nyenyak sehingga mereka menjadi kurang tidur. Berepa faktor itu adalah:
  1. Kurangnya kegiatan fisik.
  2. Lampu tidur yang sinarnya terang.
  3. Hormon tidak seimbang.
  4. Terkait dengan genetika atau keturunan.
  5. Kasur yang kurang baik.

Pelajari beberapa langkah sederhana berikut ini dan ikuti semaksimal mungkin yang anda bisa:
  • Kasur yang tepat sangat berpengaruh terhadap posisi tubuh yang benar pada waktu tidur. Sakit punggung sangat mungkin terjadi jika posisi tulang belakang tidak benar ketika tidur. Sebuah kasur dinilai baik bagi kesehatan jika bisa menampung serta menahan postur dan berat badan penggunanya sehingga penggunanya merasa nyaman ketika tidur.
  • Tidur siang yang cukup dalam arti tidak berlebihan waktunya adalah sangat baik untuk kesehatan kita khususnya menenangkan pikiran. Tapi anda akan terlambat tidur malam jika jika untuk tidur siang anda butuh waktu yang panjang. Peneliti mengatakan bahwa antara 6 jam sampai 8 jam sehari adalah waktu tidur yang cukup untuk kesehatan kita.
  • Kualitas tidur nyenyak kita juga sangat dipengaruhi oleh suhu kamar tidur. Suhu kamar tidur yang cenderung sejuk adalah ideal namun suhu kamar tidur yang terlalu dingin juga tidak baik.
  • Bantal yang baik adalah bantal yang ukurannya pas dengan kepala kita dan yang bisa menjaga posisi leher ketika tidur sehingga kita tidak menderita sakit leher ketika bangun tidur. Maka sangat baik jika anda menggunakan bantal yang seperti ini.
  • Merokok dan minum alkohol adalah tindakan yang sangat buruk bagi kesehatan kita. Merokok dan minum alkohol pasti berpengaruh buruk pula pada kualitas tidur karena tidur menjadi tidak nyenyak.
  • Hindari asupan makanan berkarbohidrat tinggi layaknya nasi dan roti serta mi juga pasta semacam makaroni dan spaghetti tepat sebelum anda pergi tidur.
  • Telah larut malam saat selesai menonton acara televisi akan menyebabkan anda terlambat tidur. Jumlah waktu dan kualitas tidur malam anda tentu saja akan berkurang karena anda terlambat memulai tidur malam.

Semoga sedikit info sederhana ini bermanfaat untuk membuat anda bisa tidur nyenyak di malam hari.

Related Posts