6 Manfaat Kesehatan dari Royal Jelly

shares |

Royal jelly merupakan hasil sekresi dari lebah madu yang digunakan sebagai nutrisi pada larva dan ratu lebah dewasa. Royal jelly mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Royal jelly memiliki manfaat kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh.
Manfaat Kesehatan dari Royal Jelly
Royal Jelly

Berikut manfaat royal jelly bagi kesehatan 

1. Kesehatan Otak

Royal jelly mampu merangsang pertumbuhan sel-sel induk saraf dan sel-sel glial didalam otak, yang berarti kemungkinan royal jelly dapat membantu mencegah penyakit yang menyerang otak seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson.

2. Metabolisme Lemak dan Gula Darah

Royal jeli dapat menghambat peroksidasi lipid dalam tubuh yaitu proses asam lemak dalam tubuh diserang radikal bebas, yang menyebabkan asam lemak cacat dan tubuh tidak mampu memetabolismenya. Penurunan peroksidasi lipid memungkinkan tubuh untuk memetabolisme lemak lebih banyak, yang memberikan manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol serum dan trigliserida dan pencegahan berbagai penyakit gaya hidup yang terkait. Royal jelly dapat mempengaruhi kadar gula darah dan resistensi insulin melalui mekanisme yang sama. Karena mengurangi trigliserida serum dan kolesterol melalui penurunan peroksidasi lipid, memungkinkan tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

3. Anti penuaan

Royal jely dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga kulit menjadi awet muda, kenyal dan lembut serta memperlambat proses penuaan dini.

4. Anti inflamasi

Telah terbukti royal jelly memiliki sifat anti-inflamasi dengan cara ditelan atau dioleskan.

5. Anti kanker

Royal jelly memiliki sifat anti-kanker yang kuat dan kemampuan menekan tumor. Cisplatin adalah obat kemoterapi kuat yang juga memiliki beberapa efek samping yang merugikan, terutama kerusakan pada ginjal dan hati. Namun, uji klinis telah menunjukkan bahwa pemberian cisplatin dengan royal jelly secara signifikan meniadakan konsekuensi buruk pada hati dan kesehatan ginjal.

6. Meningkatkan Sistem kekebalan

Royal jelly membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel kekebalan tubuh, melawan bakteri dan menyembuhkan luka lebih cepat. Kekebalan tubuh paling terkenal meningkatkan protein dalam royal jelly disebut royalisin.

Demikian uraian tentang 6 manfaat royal jelly untuk kesehatan. Sebelum memakai royal jelly, pastikan anda tidak menderita alergi terhadap produk-produk dari lebah. Jika terjadi reaksi alergi, segera periksakan ke dokter.

Related Posts