Sekilas tentang Perkembangan Asuransi Kesehatan di Nusantara

shares |

Sejarah perkembangan asuransi di nusantara tercinta ini menurut para ahli memang cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan prospek perkembangan asuransi kesehatan di negara-negara berkembang laninnya yang ada di ASEAN seperti halnya Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam, dan lain sebagainya. Apakah anda setuju dengan pernyataan ini, atau anda mempunyi pandangan lain? Kita akan bahas bersama apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya.

perkembangan asuransi kesehatan
Perkembangan Asuransi kesehatan

Mengapa perkembangan asuransi kesehatan tersebut cenderung lebih lambat? Ada beberapa factor yang mempengaruhinya diantaranya adalah factor demand yang rendah. Demand adalah angka yang menggambarkan pendapatan penduduk suatu negara. Jika angka tersebut menunjukan hasil yang rendah, maka secara otomatis minat masyarakat terhadap asuransi pun akan sangat minim. Mereka lebih baik memikirkan bagaimana untuk mencari sesuap nasi daripada memikirkan asuransi. Pandangan itu memang tidak akan dapat dipungkiri jika suatu negara masih mempunyai pendapatan penduduk dibawah rata-rata.

Faktor perkembangan suransi

Faktor berikutnya yang mempengaruhi lambatnya perkembangan asuransi di Indonesia adalah factor yang berkaitan dengan jumlah perusahaan asuransi yang masih sangat terbatas. Dengan terbatasnya jumlah asuransi kesehatan yang ada. maka sosialisasi tentang hal itu pun akan sangat sulit untuk sampai kepada masyarakat. Oleh karena itu, walaupun ada sebagaian masyarakat yang mampu untuk mengajukan asuransi tersebut. Namun mereka sedikit terhampat dengan minimnya pengetahuan tentang manfaat dari asuransi kesehatan.

Fasilitas kesehatan

Selanjutnya, buruknya akan kualitas dan fasilitas kesehatan dituding menjadi salah satu aspek penyempurna mengapa asuransi kesehatan di Indonesia sulit berkembang. Memang benar, jika fasilitas dan kualitas kesehatan yang ada di suatu negara belum cukup memadai, bagaimana asuransi kesehatan akan memberikan layanan kesehatan yang bagus. Sebuah perusahaan asuransi kesehatan yang ada dan didirikan di suatu negara, mereka akan ber-partner dengan salah satu rumah sakit yang recommended dan banyak digunakan oleh warga sekitar. Jika kualitas dan pasilitasnya masih kurang, tentu saja pihak perusahaan asuransi akan berfikir ulang.

Badan hukum yang jelas

Terakhir, asuransi di Indonesia memang tidak dipayungi oleh badan hukum yang jelas, berbeda dengan sekarang yang sudah memiliki dasar hukum yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam menjalankan perusahaan asuransi tersebut. Lambatnya penerbitan landasan hukum yang jelas, otomatis banyak perusahaan asuransi yang akan memberikan pelayanan di Indonesia pun menjadi ragu karena suatu perusahaan yang tidak formal suatu saat nanti akan mengakibatkan sesutau yang tidak jelas.

Kesimpulannya, perkembangan asuransi di Indonesia ternyata dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya adalah factor pendapatan penduduk yang rendah, minimnya perusahaan asuransi yang beredar di Indonesia, kurang baiknya pelayanan kesehatan, dan belum adanya landasan hukum yang jelas dalam memayungi perusahaan asuransi kesehtan. Namun, kini sebagaian dari orang Indonesia memang sudah mengenal dan tidak tabu lagi dengan yang namanya asuransi termasuk dengan asuransi kesehatan sehingga mereka berbondong-bondong untuk join dengan perrusahaan-perusahaan asuransi yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Baca juga Kupas Tuntas tentang Premi Asuransi Kesehatan terima kasih dan semoga bermanfaat

Related Posts