Kupas Tuntas tentang Premi Asuransi Kesehatan

shares |

Sebagimana yang telah disinggung sebelumnya, premi asuransi pada dasarnya merupakan sejumlah uang pembayaran yang dibebankan kepada tertanggung untuk dibayarkan kepada penanggung (pihak perusahaan asuransi). Dalam kasus asuransi kesehatan, premi itu kadang diartikan sebagi bentuk imbalan jasa atas pengalihan resiko kesehatan dalam bentuk sakit ataupun hanya memberikan info seputar tips kesehatan.
premi asuransi kesehatan
gambar dari beritaasuransiindonesia.blogspot.com

Penentuan Tarif atau Premi Asuransi Kesehatan

Tarif asuransi yang lebih dikenal dengan premi akan dihitung oleh pihak perusahaan yang mengatasnamakan aktuaria atau aktuaris. Penetapan tarif asuransi oleh aktuaris akan didasarkan pada beberapa unsur diantaranya adalah kompetisi tarif dari kebanyakan perusahaan asuransi, kondisi perekonomian yang sedang terjadi, dan seperangkat peraturan pemerintah dalam bentuk undang-undang. Oleh karena itu, biasanya perusahaan asuransi akan menerapkan beberapa prinsip premi seperi Adequate, Note Cessive, dan Equity, Flexible sehingga premi yang dibebankan kepada pihak pemilik polis dapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemilik polis tersebut.

Macam-Macam Komponen Premi Asuransi

Secara garis besar, komponen premi asuransi dapat dibedakan menjadi dua komponen diantaranya premi dasar dan premi tambahan. Apa yang dimaksud dengan premi dasar ? Ya, premi dasar merupakan tarif berupa sejumlah uang yang dibebankan oleh perusahaan asuransi kesehatan kepada pemegang polis apabila telah menyepakati terhadap syarat-syarat polis yang telah ditetapkan. Perhitungan premi dasar didasarkan pada sejumlah data-data tertanggung yang telah dibahas dalam ketentuan polis sebelumnya. Komponen premi dasar itu akan digunakan oleh perusahaan untuk mengalihkan resiko atas asuransi yang telah anda ajukan, memperlancar kegiatan atau operasi perusahaan, serta digunakan untuk menambah kesejahteraan atau keuntungan perusahaan dari perusahaan asuransi tersebut.

Selain premi pokok, dalam dunia asuransi juga dikenal dengan yang namanya Premi Tambahan. Premi tambahan ini dimksudkan jika anda melakukan tambahan data interest dari apa yang telah diasuransikan sebelumnya. Artinya, anda melakukan suatu perubahan atau penambahan resiko, misalnya dengan menambahkan anggota keluarga anda untuk diasuransikan. Sesuai dengan namanya, jika nada mengambil permi ini anda secara otomatis akan dibebankan untuk membayar angsuran bayaran tambahan premi.

Apa itu Restorno dan Provisi

Dalam premi juga dikenal dengan istilah Restorno dan Provisi. Restorno merupakan metode pengembalian premi dari penaggung kepada pihak tertanggung. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ini kemungkinan terjadi jika ada salah satu butir perjanjiannya yang tidak ditepati. Selain itu, ada juga yang disebut dengan provisi. Apa itu Provisi? Pada dasarnya provisi adalah sejumlah biaya yang dibebankan oleh perusahaan kepada tertanggung dalam mencairkan proses pengembalian uang premi atau Restorno. Untuk membayar ini biasanya anda tidak akan diminta untuk mengeluarkan uang dari dompet pribadi anda, namun semuanya itu bisa dibayarkan dengan cara mengurangi jumlah premi yang telah dibayarkan kepada pihak perusahaan.

Demikian artikel tentang kupas tuntas premi asuransi kesehatan di Indonesia, dan simak juga ulasan daftar istilah.istilah dalam asuransi kesehatan. Jika anda ingin membaca semua artikel tentang asuransi kesehatan simak di websit tipsehat.info dan baca artikel satu per satu. Terima kasih semoga bermanfaat

Related Posts