Tips Puasa bagi Ibu Menyusui di Bulan Ramadhan

shares |

Banyak dari Ibu menyusui yang ingin tetap bisa berpuasa. Namun di antara mereka banyak yang khawatir karena takut air susunya akan berkurang sehingga bayinya tidak bisa menyusu dengan cukup. Padahal jika disiasati dengan jitu, wanita yang menyusui juga tetap berpuasa. Dengan tips puasa bagi ibu menyusui di bulan Ramadhan berikut, Anda akan bisa menjalankan Ibadah puasa Ramadhan dengan tenang meskipun masih menyusui si kecil.

Wanita yang menyusui membutuhkan lebih banyak asupan. Jadi ketika berpuasa juga harus memperhatikan hal ini. Ketika berpuasa, bisa saja mempengaruhi produksi ASI dan menyebabkan sang bayi kekurangan susu. Kondisi fisik dan mental sang Ibu sangat menentukan dalam hal ini. Memang wanita yang menyusui boleh tidak berpuasa dengan menggantinya di lain hari. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Asalkan tubuh sehat dan tidak ada masalah bagi bayi, Anda tetap bisa menjalankan Ibadah puasa selama satu bulan penuh.
Puasa untuk Ibu Menyusui
Puasa bagi Ibu Menyusui

Cara puasa untuk ibu menyusui

Tetap makan 3 kali
Orang yang puasa pasti akan mengalami penurunan energi karena tidak makan dan minum selama seharian. Terlebih wanita yang menyusui, pastilah membutuhkan banyak asupan nutrisi agar produksi ASI tetap lancar. Oleh karena itu, ibu menyusui yang puasa disarankan untuk tetap makan 3 kali sehari. Jadwal makannya yaitu pada saat sahur, berbuka dan malam setelah waktu tarawih atau tengah malam. Makan tiga kali sehari akan membuat tubuh cukup energi agar bisa beraktifitas pada siang harinya.

Olahraga ringan
Olahraga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Karena Anda sedang puasa, cukup lakukan olahraga ringan yang penting bisa membuat tubuh aktif bergerak. Contoh olahraga yang bisa dilakukan yaitu meluangkan waktu untuk jalan kaki sambil menggendong si kecil. Jalan-jalan pada pagi hari selama 15 menit sudah bisa membuat tubuh semakin segar.

Banyak minum
Tips puasa bagi ibu menyusui selanjutnya yaitu harus banyak konsumsi air putih. Tubuh Anda harus cukup cairan selama berpuasa, terlebih karena sedang menyusui. Minumlah secara berkala sejak waktu buka hingga akhir waktu sahur. Konsumsi air putih yang cukup akan mencegah dehidrasi dan produksi ASI tetap lancar.

Konsumsi makanan bergizi
Wanita yang berpuasa sambil menyusui harus mendapat asupan makanan bergizi yang cukup. Bukan hanya banyak makan tetapi tingkatkan juga kualitas makanan yang dikonsumsi. Buah dan sayuran sangat penting karena kandungan vitamin dan mineral yang baik.

Perhatikan kondisi si kecil
Anda juga harus tetap mengamati kondisi bayi Anda saat berpuasa. Pastikan tidak ada gangguan kesehatan yang muncul karena Anda menyusui sambil berpuasa. Beberapa kasus bayi menjadi lemas dan rewel karena asupan ASI menjadi berkurang. Terlebih jika sang bayi hanya menyusu dan belum diberi makanan.

Untuk para ibu masih bisa berpuasa meskipun sambil menyusui. Asalkan tidak terjadi gangguan kesehatan, puasa boleh dilanjutkan hingga akhir bulan. Namun jika terjadi masalah pada bayi, sebaiknya konsultasikan pada ahli kesehatan atau dokter. Semoga tips puasa untuk ibu menyusui di bulan Ramadhan ini bisa bermanfaat.

Related Posts