Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa

shares |

Ketika berpuasa selama seharian, tubuh tidak mendapat asupan makanan maupun minuman. Jadi sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan pola istirahat maupun pola tidurnya. Dengan pola makan dan pola tidur yang teratur, meskipun puasa satu bulan penuh kita akan tetap sehat.
Tips agar tetap sehat selama puasa ini sangat bermanfaat bagi kita. Dengan tubuh yang sehat, ibadah puasa yang kita jalani juga akan tetap lancar. Jangan sampai kesehatan tubuh menjadi drop pada hari lebaran tiba hanya karena tidak menjaga kesehatan ketika bulan puasa.

Cara menjaga kesehatan saat puasa

Saat sahur, penuhi serat dan protein
Kebutuhan tubuh akan serat dan protein cukup vital. Oleh karena itu, kebutuhan akan makanan yang kaya akan serat dan protein harus dicukupi selama berbuka maupun sahur. Meskipun saat sahur merupakan waktu terakhir kita makan, tetapi bukan berarti boleh makan sebanyak-banyaknya. Tetaplah makan dengan porsi yang pas dan tidak boleh kekenyangan. Akan tetapi yang harus ditambah yaitu kandungan nilai gizi dari makanan itu sendiri. Makan sahur harus mengkonsumsi makanan bergizi seperti yang mengandung protein dan berserat. Semua itu bisa Anda cukupi dengan konsumsi buah dan sayur maupun makanan bergizi lain.

Jangan makan berlebihan ketika buka puasa
Buka puasa merupakan saat yang ditunggu di mana kita berjumpa lagi dengan makanan setelah berpuasa seharian. Akan tetapi, Anda tidak boleh terburu-buru langsung konsumsi makanan berat, apalagi dalam porsi yang berlebih. Awali buka puasa dengan konsumsi makanan ringan seperti buah atau takjil. Jika Anda langsung menyantap makanan berat, maka perut menjadi tidak nyaman karena langsung dipaksa bekerja keras. Anda juga harus menghindari segala jenis makanan cepat saji.

Hindari cemilan tinggi kalori
Tips agar tetap sehat selama puasa berikutnya yaitu harus menghindari makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi. Makanan tinggi kalori memiliki dampak buruk bagi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan berat badan. Cemilan yang sehat untuk buka puasa maupun sahur yaitu buah segar atau jenis makanan sehat lain.

Menjaga suhu tubuh
Jangan berdiam di tempat yang sangat panas atau terpapar sinar matahari yang terik. Hal tersebut dapat membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga mengalami dehidrasi. Anda harus banyak minum air putih ketika sahur maupun berbuka. Akan tetapi jangan minum sekaligus banyak. Cukup dua gelas saat sahur dan dua gelas ketika berbuka. Dan minumlah pada malam hari secara berkala untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Jangan mengonsumsi minuman bersoda atau minuman berkafein. Minuman jenis ini dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan cairan melalui air seni sehingga Anda akan dehidrasi.

Tips agar tetap sehat selama puasa bisa menjadi panduan Anda selama bulan Ramadhan. Semoga Ibadah puasa yang kita jalani bisa berjalan lancar hingga satu bulan penuh.

Related Posts