Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur dan Buka Puasa

shares |

Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat puasa. Pada saat sahur maupun berbuka, jenis makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi karena dikhawatirkan akan menyebabkan berbagai masalah ketika berpuasa. Apa saja makanan tersebut Berikut ulasan lengkapnya.

Makanan saat berbuka puasa maupun makan sahur harus diperhatikan. Sebab ini menyangkut kebutuhan nutrisi tubuh yang nantinya berkaitan dengan kelancaran ibadah puasa itu sendiri. Dengan konsumsi makanan sehat, tentu puasa akan berjalan lancar hingga saatnya berbuka. Apalagi dengan kondisi tubuh yang prima, mudah-mudahan kita bisa menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Akan tetapi, masih saja ada beberapa orang yang mengetahui jenis makanan yang baik dan menyehatkan. Demikian juga dengan makanan yang sebaiknya dihindari terutama pada bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sahur maupun berbuka.

Makanan yang mengandung gas
Ada beberapa jenis makanan yang mengandung gas seperti sawi, kol, ubi, pisang ambon, cokelat, minuman bersoda sehingga harus dihindari ketika puasa. Makanan tersebut sebaiknya tidak dimakan baik pada saat sahur maupun berbuka karena memicu keluarnya asam lambung tinggi. Hal ini bisa sangat mengganggu bagi puasa karena jika asam lambung tidak terkendali maka bisa saja kita merasa sangat lapar. Naiknya zat asam di dalam lambung juga bisa memicu serangan maag dan membuat perut sakit.

Makanan yang memproduksi asam
Makanan yang memproduksi asam juga harus dihindari ketika berbuka puasa maupun makan sahur. Contoh makanan ini antara lain susu full krim, kopi, dan sari buah sitrus. Jenis makanan ini juga memicu naiknya asam di dalam lambung yang bisa membuat penderita maag kambuh ketika puasa.

Makanan tinggi lemak
Jenis makanan lain yang sebaiknya dihindari ketika puasa yaitu makanan yang mengandung lemak tinggi. Konsumsi makanan dengan lemak tinggi dapat berisiko mengganggu sistem di dalam pencernaan. Jika pencernaan terganggu, perut bisa sakit dan tentu akan mengganggu ibadah puasa yang dijalani. Jeroan, santan, dan daging adalah contok makanan berlemak sehingga harus dihindari. Ketika sahur maupun berbuka, sebaiknya jangan konsumsi makanan jenis ini, terlebih orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Makanan yang tinggi gula
Memang makanan manis sangat dianjurkan untuk buka puasa agar kadar gula dalam darah kembali stabil. Tapi bukan berarti Anda harus berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis. Menyantap makanan manis memang sangat nikmat untuk buka puasa, tapi pastikan makan sewajarnya dan kandungan gulanya juga tidak terlalu tinggi. Sebab asupan gula yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terlebih bagi penderita diabetes, konsumsi makanan manis berlebihan dapat memicu komplikasi yang bisa berbahaya.

Itulah beberapa jenisn makanan yang harus dihindari saat puasa. Semoga bisa bermanfaat dan ibadah puasa yang dijalani bisa berjalan lancar.

Related Posts