Makanan untuk Sahur yang Membuat Kenyang Lama

shares |

Ada beberapa jenis makanan untuk sahur yang membuat kenyang lama. Jenis makanan ini tentu sangat baik dikonsumsi agar ibadah puasa yang kita jalani bisa berjalan lancar. Akan tetapi, bukan makanan asal kenyang. Makanan yang kita konsumsi saat sahur juga harus sehat dan bergizi.

Rasa lapar adalah godaan yang paling umum ketika kita menjalankan ibadah puasa. Saat jam buka puasa masih lama, rasa lapar bisa saja mendera dan membuat kita tidak tahan. Agar saat puasa terhindar dari rasa lapar berat, sebaiknya konsumsilah makanan bergizi pada saat sahur. Dengan makanan yang tepat, rasa kenyang akan lebih tahan lama sehingga kita tahan terhadap rasa lapar.

Apa saja makanan yang bisa kita pilih dalam menu sahur? Berikut ini daftarnya.

Telur
Telur adalah makanan sehat kaya nutrisi yang baik dikonsumsi. Makan telur ketika sahur akan membuat perut tahan terhadap rasa lapar hingga waktu berbuka tiba. Telur bisa membuat perut kenyang karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein akan dilepas secara berkala oleh tubuh untuk membentuk energi. Makan telur saat sahur juga akan membuat kita terhindar dar rasa lemas selama seharian.

Oatmeal
Makanan yang satu ini juga direkomendasikan untuk sahur. Oatmeal merupakan makanan untuk sahur yang membuat kenyang lama dan sangat mudah disajikan. Daripada maka mie instant, lebih baik pilih oatmeal sebagai menu sarapan Anda. Kandungan serat pada oatmeal sangat tinggi sehingga bisa membuat perut tetap kenyang meskipun berpuasa. Perpaduan susu dengan oatmeal juga merupakan kombinasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Kacang-kacangan
Agar perut kenyang lebih lama, Ada bisa mengonsumsi beberapa jenis kacang-kacangan. Makan kacang akan membuat perut tahan lapar karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, kacang juga memiliki kandungan vitamin yang baik dan zat besi yang berguna untuk menjaga ketahanan tubuh ketika puasa.

Alpukat
Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi dan banyak manfaat. Buah ini memang mengandung lemak, namun kandungan lemak pada alpukat merupakan lemak baik yang aman bagi tubuh. Buah ini sangat baik dikonsumsi saat sahur karena bisa memberi rasa kenyang lebih lama.

Apel
Apel juga merupakan buah yang bisa dijadikan makanan sehat. Makan satu buah apel saat sahur akan membuat perut kenyang. Manfaat buah apel akan meningkatkan kesegaran tubuh ketika berpuasa. Oleh karena itu, Anda bisa memasukkan buah ini dalam menu sahur.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan untuk sahur yang membuat kenyang lama. Maka Anda akan terbebas dari rasa lapar ketika berpuasa.

Related Posts