Jenis Buah Segar untuk Buka Puasa

shares |

Selain kurma, ada beberapa jenis buah segar untuk buka puasa yang bisa Anda coba. Memang kurma merupakan buah yang paling dianjurkan untuk mengawali berbuka. Tapi tidak ada salahnya jika buah-buahan ini juga Anda konsumsi.

Dari begitu banyak buah, kurma memang sangat khas dalam bulan puasa. Pasalnya buah ini merupakan makanan yang kaya akan kandungan glukosa sehingga dapat menstabilkan gula darah setelah berpuasa seharian. Glukosa yang terdapat pada buah kurma akan berubah menjadi fructose saat kita santap. Kemudian, fructose ini akan langsung diserap oleh tubuh sehingga langsung memberikan energi. Selain memiliki kandungan glukosa, buah kurma juga mengandung komponen lain seperti protein, lemak, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B2, dan vitamin B12. Kurma juga memiliki kandungan mineral, terutama kalsium, sulfat, sodium, fosfor, potassium, kuningan, manganese, magnesium, florin, cobalt, zinc, serta sejumlah selulosa. Begitu banyak nutrisi bermanfaat yang terdapat pada buah kurma. Akan tetapi jenis buah lain juga bisa dikonsumsi ketika berbuka. Apa saja buah segar yang bisa jadi pilihan?

buah segar untuk buka puasa

Buah untuk buka puasa

Blewah
Buah ini memang cukup segar dan nikmat. Blewah juga memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Mengonsumsi buah blewah ketika berbuka juga dapat membantu penyerapan pada usus. Selain itu, konsumsi buah ini juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam saluran cerna seperti sisa obat-obatan dan endapan bumbu-bumbu.

Jeruk
Jeruk juga merupakan jenis buah segar untuk buka puasa yang cukup nikmat dikonsumsi. Kandungan airnya yang tinggi dapat menghilangkan rasa dahaga. Sedangkan vitamin C yang ada pada buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan selama kita berpuasa. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin A, B1, B2. Jika saat puasa terserang flu, makan buah jeruk dapat membantu menghilangkan lendir pada tengorokan dan mengatasi gangguan flu lain.

Mangga
Kandungan vitamin A, E dan C pada buah mangga dapat membantu membersihkan darah. Minum satu gelas jus mangga pada saat berbuka puasa dapat membuat kita lebih segar dan menghilangkan dehidrasi.

Stroberi
Buah stroberi mengandung vitamin A, vitamin B, B1 dan C dan antioksidan yang cukup bermanfaat. Kemampuan antioksidan dan beberapa vitamin yang ada dapat membuat tubuh mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi selama puasa, kita menjadi tidak gampang sakit dan tetap bugar.

Apel
Apel juga sangat bagus dimasukkan dalam sajian buka puasa. Apel mengandung vitamin A, B dan C yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini juga berperan dalam menstabilkan kadar kolesterol darah dan mengontrol nafsu makan.

Pepaya
Buah ini cukup baik untuk melancarkan pencernaan sehingga baik jika dikonsumsi ketika berbuka. Kandungan serat yang tinggi akan mencegah masalah sembelit yang bisa terjadi selama puasa.

Anda bisa mencoba jenis buah segar untuk buka puasa di atas. Buah-buahan memang cukup nikmat dikonsumsi ketika berbuka.

Related Posts