Cermati Cara Menghilangkan Komedo dengan Benar Berikut Ini

shares |

Terganggu oleh komedo? Ingin komedo pergi dari wajah anda? Uraian  cara menghilangkan komedo yang sederhana dan singkat ini bisa anda ikuti. Komedo adalah kondisi tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati, debu serta minyak yang berlebihan. Yang umum terjadi adalah komedo timbul pada daerah wajah yaitu dahi, hidung, dagu dan pipi. Namun sangat mungkin untuk timbul pada area lainnya yang memiliki banyak kelenjar minyak. Dunia kedokteran mengelompokkan komedo menjadi dua jenis yaitu:
menghilangkan komedo, Cara menghilangkan komedo, tips menghilangkan komedo
Komedo

Jenis-jenis komedo

  1. Blackhead atau komedo terbuka yang berwarna hitam dan menyebabkan pori-pori membesar.
  2. Whitehead atau komedo tertutup yang berwarna putih.
Beberapa hal yang sering ditemukan sebagai biang munculnya komedo berjenis blackhead pada kebanyakan orang adalah berikut ini:

Penyebab komedo

  1. Kulit berminyak
  2. Penyumbatan pori-pori
  3. Kurang merawat kebersihan kulit wajah
Jika komedo telah hadir pada wajah maka anda harus serius menyembuhkan dan mencegahnya muncul kembali. Jika anda membiarkan saja komedo itu maka kulit wajah akan terlihat kusam, kotor, kasar dan pada intinya adalah tidak terawat sehingga penampilan pun akan terganggu.
Silahkan anda mencermati dan mempraktekkan beberapa tips sederhana berikut ini untuk menghilangkan serta mencegah komedo muncul pada wajah :

Cara menghilangkan  komedo

1. Rajin Membersihkan Wajah

Haid menyebabkan perubahan hormonal yang mana hal ini akan merangsang kelenjar sebasia lebih aktif memproduksi minyak. Hal ini akan menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak yang selanjutnya akan mendukung timbulnya komedo. Karena itulah maka wanita harus rajin membersihkan wajah atau facial yang akan bisa mengangkat sel kulit mati, minyak, debu dan sisa make-up dari kulit wajah. Aktifitas ini akan mampu mencegah pembentukan komedo. berikut ini bawah alami untuk membersihkan wajah :
  • Jeruk lemon : usapkan potongan jeruk lemon pada area yang banyak timbuk komedo, lakukan satu hari sekali setelah mandi.
  • Lidah buaya : lumuri pori-pori kulit yang banyak tumbuh komedo dengan gel lidah buaya, lakukan 3-4 kali dalam seminggu.
  • cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi : cara irit dan ampuh yaitu lumuri area komedo dengan pasti gigi dan gosok-gosok menggunakan jari tangan sampai terasa bersih dan lakukan setiap mandi.
  • Air panas : taruh muka diatas air panas selama beberapa menit kemudian cuci dengan sabun muka dan bilas dengan air dingin. uap air panas berfungsi untuk membuka pori-pori kemudian dibersihkan menggunakan sabun muka dan air dingin berfungsi untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.
  • Putih telur : tambahkan madu secukupnya pada kutih telur kemudian lulurkan pada bagian wajah yang banyak terdapat komedo, tunggu hingga setengah jam kemudian basuh dengan air.

2. Lulur Wajah

Jika anda rajin melakukan luluran pada wajah maka anda mendapati kulit wajah lebih kencang dan lebih bersih. Hal ini karena lulur mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran lainnya dari pori-pori kulit wajah anda

3. Batasi Pemakaian Produk Pemicu Komedo

Anda perlu mengetahui serta kemudian membatasi pemakaian produk-produk kecantikan yang bisa merangsang pembentukan komedo. Produk-produk tersebut di antaranya adalah:
  • Alas bedak
  • Bedak padat
  • Tabir surya
Jika memungkinkan lebih baik anda berusaha mencari produk herbal yang alami.

4. Gunakan Pelembab Kulit

Lapisan minyak di kulit wajah bisa dikurangi dengan menggunakan pelembab. Tentunya gunakan pelembab yang bebas minyak atau istilahnya “Oil Free”.

Tips mencegah komedo

lebih baik mencegah daripada mengobati, berikut ini beberapa tips mudah mencegah timbulnya komedo secara alami
  1. Menghindari makanan yang berminyak dan cenderung gosong
  2. Mencuci muka sehari 3 kali, pagi siang dan malam
  3. gunakan masker jika sedang mengendarai sepeda motor
  4. hapus make-up sebelum anda tidur
Demikian tips menghilangan komedo secara cepat dan alami, anda juga bisa membaca artikel kecantikan lainnya yaitu Cara Jitu Merawat Kuku Tanpa Pergi ke Salon dan semoga bermanfaat. Jangan lupa subscribe berlangganan email untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru. Terima kasih salam tipsehat.info

    Related Posts