Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil Saat Ramadhan

shares |

Saat bulan Ramadhan tiba, wanita yang sedang hamil juga ingin ikut menjalankan puasa. Tapi apakah puasa aman bagi wanita yang sedang hamil? Jawabannya adalah aman-aman saja asalkan sang ibu tidak mengalami gangguan kesehatan dan masalah kehamilan. Meski begitu, ibu hamil yang berpuasa juga harus tetap menjaga kesehatannya agar aman bagi kehamilan. Berikut tips puasa Ramadhan untuk ibu hamil yang perlu diketahui.
Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil Saat Ramadhan
Tips berpuasa untuk ibu hamil

Puasa Ramadhan ketika hamil

Ada kalangan dokter yang mempercayai bahwa puasa juga bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil. Asalkan kondisi fisik ibu prima dan tidak mengalami gangguan kehamilan, puasa bulan Ramadhan tetap boleh dilakukan bahkan sampai satu bulan penuh. Akan tetapi, asupan nutrisi baik saat buka maupun sahur juga harus dipenuhi dengan konsumsi makanan bergizi. Selain itu wanita hamil harus menghindari stres dan cukup istirahat agar kondisi fisiknya tetap segar.

Morning sickness saat puasa
Pada awal kehamilan, wanita yang sedang hamil seringkali mengalami masalah mual dan muntah atau disebut dengan morning sickness. Jika hal ini terjadi, sangat penting berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran yang tepat.

Tips puasa Ramadhan untuk ibu hamil
  • Makanlah perlahan ketika berbuka puasa. Penuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.
  • Sebaiknya makan sahur mendekati waktu imsyak, dan konsumsilah makanan bergizi saat sahur.
  • Minumlah banyak air secara berkala dari waktu buka hingga akhir sahur. Air putih sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh pada masa kehamilan.
  • Wanita hamil sering mengalami masalah sembelit, terlebih ketika puasa. Oleh karena itu, Anda bisa konsumsi makanan yang banyak serat seperti sayuran dan buah kurma.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein baik protein hewani maupun protein nabati.
  • Kurangi makanan yang berminyak dan mengandung lemak karena tidak baik untuk kesehatan ibu hamil, terlebih ketika berpuasa.

Alasan Ibu hamil membatalkan puasa
Dikarenakan kondisi Anda sedang hamil, Anda bisa membatalkan puasa jika terjadi hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan. Masalah tersebut seperti misalnya pusing, pandangan kabur dan susah bernapas. Ibu hamil yang membatalkan puasa sebaiknya menggantinya pada lain hari karena puasa hukumnya wajib. Semoga ulasan tips puasa Ramadhan untuk ibu hamil ini bisa bermanfaat.

Related Posts