Tips Olahraga saat Berpuasa

shares |

Agar tubuh tetap bugar selama puasa, olahraga juga harus tetap dilakukan. Akan tetapi, masih banyak orang yang malas berolahraga ketika puasa karena alasan akan menguras energi dan membuat tubuh jadi haus. Padahal ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan ketika puasa. Simaklah tips olahraga saat puasa berikut agar Anda tetap bugar ketika menjalankan puasa pada bulan Ramadhan.

Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa

Bowling

Bowling merupakan jenis olahraga ringan yang mempunyai banyak manfaat. Olahraga ini sangat cocok dilakukan kerita puasa karena tidak harus menguras banyak tenaga. Anda biasa bermain bowling bersama teman ketika ada waktu luang dan sambil menunggu datangnya waktu buka puasa. Olahraga ringan ini bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus cara menunggu buka puasa yang menyenangkan.

Jalan kaki

Meskipun sederhana, namun olahraga ini memiliki manfaat yang cukup banyak. Berjalan kaki tidak membutuhkan peralatan apapun untuk melakukannya. Jalan kaki jaga merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan yang bisa dilakukan sambil menunggu buka puasa. Hanya dengan berjalan kaki mengelilingi komplek, maka tubuh akan lebih bugar selama bulan Ramadhan.

Berkebun

Berkebun juga merupakan jenis kegiatan yang bisa dimasukkan dalam jenis olahraga saat puasa. Tips olahraga saat puasa dengan berkebun bisa dilakukan pada sore hari ketika menunggu waktu datangnya berbuka. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berkebun dan menanam berbagai tanaman di pekarangan rumah. Meskipun bukan termasuk jenis olahraga khusus, namun manfaat dari berkebun juga sama dengan olahraga.

Memasak

Dengan memasak makanan sendiri untuk berbuka, maka kenikmatan berbuka juga akan bertambah. Memang kita bisa saja membeli makanan di luar dengan alasan lebih praktis. Akan tetapi memasak makanan sendiri tentu lebih sehat, selain itu juga bisa membuat tubuh beraktifitas sehingga manfaatnya serupa dengan olahraga. Bila memang Anda memiliki waktu, cobalah untuk memasak makanan sendiri sesuai selera Anda. Namun jika Anda sibuk bekerja, kegiatan ini juga masih bisa dilakukan pada hari libur.

Berbelanja

Ini merupakan kegiatan para wanita yang bisa dimasukkan ke dalam jenis olahraga ringan. Sebab berbelanja juga bisa membuat tubuh beraktifitas layaknya orang berolahraga. Dengan berkeliling di pusat perbelanjaan atau bahkan pasar tradisional, Anda sudah seperti berolahraga dengan cara yang cukup mengasikkan. Akan tetapi, sebaiknya tetap waspada ketika berbelanja. Jangan sampai terlena dengan berbagai barang yang banyak diskon karena menjelang hari raya. Pastikan Anda hanya membeli barang yang bermanfaat dan memang Anda butuhkan. Daripada membeli barang yang tidak perlu, lebih baik sisihkan uang Anda untuk beramal.
Baca juga : Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Itulah beberapa jenis olahraga saat puasa yang bisa dilakukan saat puasa . Semoga tips olahraga saat puasa ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Related Posts