Tips Berpuasa Sehat untuk Penderita Maag

shares |

Sakit maag terjadi karena adanya peradangan yang terdapat pada lambung. Biasanya penyakit ini sangat mudah menyerang orang yang pola makannya tidak teratur. Orang yang sering merasa stres juga bisa sangat mudah terkena sakit maag. Oleh karena itu, tips berpuasa untuk penderita maag sangat penting diketahui agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Cara berpuasa orang yang terkena sakit maag memang harus diperhatikan. Pasalnya penderita maag sangat sensitif dan rawan kambuh apabila pola makannya tidak teratur. Asalkan penyakit maag yang diderita bukan termasuk maag kronis, penderita maag juga masih boleh berpuasa. Malah dianjurkan untuk berpuasa karena puasa juga mengajarkan untuk makan dengan teratur. Anda juga bisa berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum berpuasa.
Puasa sehat untuk penderita maag
Puasa untuk penderita maag

Puasa orang maag

Pantangan

  • Makanan yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka sebaiknya lebih diperhatikan. Sebaiknya hindari saja makanan yang digoreng dan banyak lemak. Makanan asam dan bersantan juga sebaiknya tidak dimakan oleh orang yang terkena maag ketika buka maupun sahur.
  • Ketika sahur maupun buka puasa, sebaiknya Anda yang menderita maag menghindari konsumsi makanan pedas. Makanan yang terlalu pedas akan memicu naiknya asam lambung dan memicu gangguan pada perut. Penyakit maag yang Anda derita bisa saja kambuh jika makan makanan pedas.
  •  Makanan dengan karbohidrat olahan seperti roti dan makanan yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari. Tips puasa untuk orang maag ini memang terkesan sepele. Namun sangat penting untuk diperhatikan.
  •  Makanan dan minuman seperti kopi dan minuman soda juga harus dihindari karena kandungan kafein tidak cukup ramah untuk penderita maag. Anda juga tidak boleh merokok ketika berbuka, rokok bisa menyebabkan gangguan perut dan membuat maag kambuh.

Anjuran

  •  Ketika sahur, makanlah makanan yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Jadi Anda tidak akan kelaparan ketika puasa dan aman dari gangguan maag.
  •  Makan buah kurma. Sebab buah ini merupakan anjuran Nabi untuk berbuka dan memiliki banyak manfaat yang luar biasa.
  •  Makanlah dengan perlahan ketika berbuka puasa. Jangan langsung mengambil makanan yang berat, tetapi ambillah makanan yang mudah dicerna terlebih dulu seperti buah-buahan.
  •  Banyak minum air putih ketika buka maupun makan sahur. Jangan minum air es karena bisa menyebabkan gangguan perut, terlebih saat puasa.
  •  Jika dibutuhkan, Anda bisa meminta saran dokter untuk obat tertentu yang bisa mencegah maag Anda kambuh.
Anda harus sangat memperhatikan tips sehat berpuasa untuk penderita maag ini. Sebab sakit maag sangat rawan kambuh ketika berpuasa apabila pola makan Anda tidak teratur dan sembarangan.

Related Posts